ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 (Penelitian Penggunaan Media Pembelajaran oleh Guru Kelas di Kelas Rendah Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Tembarak Kabupaten Temanggung)

Kulsum, Siti Umi (2019) ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 (Penelitian Penggunaan Media Pembelajaran oleh Guru Kelas di Kelas Rendah Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Tembarak Kabupaten Temanggung). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0005_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (879kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0005_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (403kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0005_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0005_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0005_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) analisis penggunaan media pembelajaran, (2) daya dukung penggunaan media pembelajaran, dan (3) hambatan penggunaan media pembelajaran dalam implementasi Kurikulum 2013 di SD N kelas rendah Kecamatan Tembarak Kabupaten Temanggung. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian adalah guru sebagai narasumber utama dan melebar ke siswa, kepala sekolah, wali murid dan komite. Lokasi penelitian di SD N Tembarak dan SD N Greges 2 Kecamatan Tembarak Kabupaten Temanggung. Pengambilan sampling dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling Metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji keabsahan data dengan ketekunan pengamatan, triangulasi sumber dan teknik serta menggunakan bahan referensi. Analisis data menggunakan model analisis kualitatif dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. (1) Penggunaan media pembelajaran oleh guru kelas di SD N kelas rendah Kecamatan Tembarak Kabupaten Temanggung yang meliputi perencanaan penggunaan media pembelajaran (access, cost, technology dan novelty), pelaksanaan penggunaan media pembelajaran (interactivity) dan evaluasi penggunaan media pembelajaran (organization) belum optimal. (2) Faktor yang mendukung dalam penggunaan media pembelajaran di SD N kelas rendah Kecamatan Tembarak Kabupaten Temanggung meliputi ketersediaan media pembelajaran yang mudah diakses dan dukungan warga sekolah yang mendukung. (3) Sedangkan kendala yang dialami dalam penggunaan media pembelajaran di SD N kelas rendah Kecamatan Tembarak Kabupaten Temanggung berupa kecenderungan guru dalam menggunakan media cetak dan keterbatasan waktu.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dr. Purwati, MS (0002086001) dan Septiyati Purwandari, M.Pd. (0601098303)
Uncontrolled Keywords: implementasi Kurikulum 2013, media pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Jamzanah Wahyu Widayati
Date Deposited: 19 Dec 2019 04:15
Last Modified: 19 Dec 2019 04:15
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1104

Actions (login required)

View Item View Item