PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TANDUR DENGAN MEDIA WAPRES (WAYANG EKSPRESI) TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA (Penelitian Pada Siswa Kelas V Di SD Negeri Ngadirojo Kabupaten Magelang)

Astuti, Puji (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TANDUR DENGAN MEDIA WAPRES (WAYANG EKSPRESI) TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA (Penelitian Pada Siswa Kelas V Di SD Negeri Ngadirojo Kabupaten Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0024_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (488kB)
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0024_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (404kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0024_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0024_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0024_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (87kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran TANDUR dengan Media WAPRES (Wayang Ekspresi) terhadap keterampilan berbicara Siswa kelas V SD Negeri Ngadirojo, Secang, Magelang. Jenis penelitian eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design, khususnya pola Quasi Experimental Design. Model pembalajaran TANDUR dengan Media WAPRES (Wayang Ekspresi) terhadap ketrampilan berbicara siswa kelas V di SD Negeri Ngadirojo, Secang, Kabupaten Magelang berjumlah 20 siswa untuk kelas eksperiment dan kelas kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah purposive sampling. Data penelitian dikumpulkan menggunakan angket dan lembar observasikemudian dianalisis menggunakan uji nonparametrik dengan uji Mann Whitney U. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran TANDUR dengan media WAPRES (Wayang Ekspresi)berpengaruh terhadap keterampilan berbicara siswa. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya nilai rata-rata posttest dibantingkan dengan nilai rata-rata pretest. Uji hipotesis diperoleh asymp.sig. (2- tailed) adalah 0,000<0,05. Hasil dan pembahasan juga menunjukkan terdapat berbedaan rata-rata hasil akhir posttest kelas eksperimnet sebesar 85.05 dankelas kontrol sebesaar 68.45 Juga terdapat perbedaansehingga dapat disimpulkan bahwa model TANDUR dengan media WAPRES (Wayang Ekspresi) berpengaruh terhadap keterampilan berbicara siswa kelas V SD Negeri Ngadirojo, Kabupaten Magelang

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dr. Riana Mashar, M.Si.,Psi. (0614107401) dan Galih Istiningsih, M.Pd (0619018901)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran TANDUR dengan Media WAPRES (Wayang Ekspresi), Keterampilan Berbicara
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Nilma Himawati
Date Deposited: 19 Dec 2019 04:38
Last Modified: 19 Dec 2019 04:38
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1117

Actions (login required)

View Item View Item