PENGARUH ACTIVE LEARNING DENGAN MEDIA POHON HITUNG TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG (Penelitian pada Siswa Kelas II SD Negeri Ringinanom 2 Kecamatan Tempuran Kabupaten Magelang)

Kartini, Rahmawati Ayu (2019) PENGARUH ACTIVE LEARNING DENGAN MEDIA POHON HITUNG TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG (Penelitian pada Siswa Kelas II SD Negeri Ringinanom 2 Kecamatan Tempuran Kabupaten Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0032_BABI_BABII_BABIII_BABV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (941kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0032_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (330kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0032_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0032_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0032_LEMBAR PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Active Learning dengan media pohon hitung terhadap peningkatan kemampuan berhitung siswa kelas II SD Negeri Ringinanom 2 Kecamatan tempuran Kabupaten Magelang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Pre-Experimental Designs, khususnya pola one group pretest posttest design (tes awal-tes akhir kelompok tunggal). Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonprobability sampling dengan jenis sample jenuh. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SD N Ringinanom 2 yang berjumlah 26 siswa dan sampel yang diambil seluruh siswa kelas II SD N Ringinananom 2 yang berjumlah 26 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes. Uji validitas instrument tes dengan menggunakan rumus product moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus cronbach alpha sedangkan uji hipotesis menggunakan paired sampel t Test dengan bantuan program SPSS for Windows versi 23.00. Kesimpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa Active Learning dengan media pohon hitung berpengaruh positif terhadap kemampuan berhitung siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis paired sampel t Test dengan nilai sig. (2- tailed) 0,001<0,05. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, terdapat perbedaan skor rata-rata pada pretes dan posttest. Skor rata-rata pretes 51 dan skor rata-rata posttest 78. Pengujian hipotesis dengan t Hitung (-18,458) yang lebih besar dari t tabel (2,059) menunjukkan bahwa Active Learning dengan media pohon hitung berpengaruh terhadap kemampuan berhitung siswa.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. Tawil, M.Pd.,Kons (0008015701) dan Ahmad Syarif, M.Or (0630038903)
Uncontrolled Keywords: Active Learning, Pohon Hitung, Kemampuan Berhitung
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Jamzanah Wahyu Widayati
Date Deposited: 19 Dec 2019 04:42
Last Modified: 19 Dec 2019 04:42
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1121

Actions (login required)

View Item View Item