PENGARUH PERMAINAN TUTUP BOTOL TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK

Veptianingsih, Veptianingsih (2019) PENGARUH PERMAINAN TUTUP BOTOL TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
12.0304.0031 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
12.0304.0031 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (269kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
12.0304.0031 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
12.0304.0031 _ FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
12.0304.0031_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan tutup botol terhadap kemampuan membaca permulaan pada anak usia 5-6 tahun di Kelompok Bermain Mumpuni Pangenjurutengah Kecamatan Purworejo Kabupaten Purworejo tahun pelajaran 2018-2019. Desain penelitian ini menggunakan One Group Pretest Postest Design. Teknik sampling penelitian ini menggunakan total sampling dengan subjek penelitian yaitu seluruh siswa berjumlah 8 anak usia 5-6 tahun Kelompok Bermain Mumpuni Pangenjurutengah Kecamatan Purworejo Kabupaten Purworejo. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa tes lisan kemampuan membaca permulaan anak yang diukur menggunakan 6 indikator yang dijabarkan ke dalam 8 sub indikator. Teknik analisis data menggunakan analisis non parametric Wilcoxon dengan bantuan SPSS for windows versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh permainan tutup botol terhadap kemampuan membaca permulaan pada anak. Hal ini dibuktikan dengan pengujian hipotesis menggunakan bantuan SPSS Uji Peringkat Bertanda Wilcoxon Z hitung sebesar -2,539 dengan probabilitas p= 0,011<0,05 artinya terdapat perbedaan signifikan kemampuan membaca permulaan pada anak sebelum dan sesudah diberikan perlakuan berupa permainan tutup botol. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh permainan tutup botol terhadap kemampuan membaca permulaan pada anak.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Additional Information: Dra. Lilis Madyawati, M.Si dan Dede Yudi, S.Pd (pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Permainan Tutup Botol, Kemampuan Membaca Permulaan pada Anak
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya KIM
Date Deposited: 27 Apr 2019 03:41
Last Modified: 29 Apr 2019 06:50
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/123

Actions (login required)

View Item View Item