PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, INTELEKTUAL) BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR IPA (Penelitian Siswa Kelas III SD Negeri Rambeanak 2 Kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang )

Sari, Nur Indah (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, INTELEKTUAL) BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR IPA (Penelitian Siswa Kelas III SD Negeri Rambeanak 2 Kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang ). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0017_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (647kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0017_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (327kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0017_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0017_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0017_ PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual) berbasis multimedia interaktif powerpoint terhadap terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri Rambeanak 2 Kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang. Desain penelitian ini adalah Pre-Eksperimental Designs khususnya pola one group pretest posttest design. Model pembelajaran SAVI (Somatis, Uditori, Visual, Intelektual) berbasis multimedia interaktif powerpoint diterapkan di kelas 3 SD Negeri Rambeanak 2 yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampling jenuh. Data penelitian yang dikumpulkan melalui tes kemudian dianalisis menggunakan Uji Non Parametrik dengan Uji Wilcoxon. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Model pembelajaran SAVI (Somatis, Uditori, Visual, Intelektual) berbasis multimedia interaktif powerpoint berpengaruh terhadap hasil belajar IPA. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya nilai rata-rata posttest dibandingkan nilai rata-rata pretest. Uji hipotesis diperoleh Asymp. Sig. (2-tailed) adalah 0,000<0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa Model pembelajaran SAVI (Somatis, Uditori, Visual, Intelektual) berbasis multimedia interaktif powerpoint berpengaruh terhadap hasil belajar IPA.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dra. Indiati, M.Pd (0028036001) dan Arif Wiyat Purnanto, M.Pd (0624118801)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual) Berbasis Multimedia Interaktif Powerpoint, Hasil Belajar IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Jamzanah Wahyu Widayati
Date Deposited: 26 Dec 2019 03:40
Last Modified: 26 Dec 2019 03:40
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1256

Actions (login required)

View Item View Item