PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP PEMAHAMAN ISI DONGENG (Penelitian pada Siswa Kelas II SD N Soroyudan Kabupaten Magelang)

Nurmala, Dita Maharani (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP PEMAHAMAN ISI DONGENG (Penelitian pada Siswa Kelas II SD N Soroyudan Kabupaten Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0111_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (821kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0111_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (424kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0111_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0111_Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0111_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Example Non Example terhadap pemahaman isi dongeng pada siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri Soroyudan, Kabupaten Magelang. Penelitian ini adalah jenis penelitian Quasi Experimental Design dengan model Nonequivalent Control Group Design. Sampel yang diambil sebanyak 46 siswa yang terdiri dari 23 siswa kelompok eksperimen dan 23 kelompok kontrol. Metode pengumpulan data ini menggunakan tes. Validitas instrumen tes menggunakan uji validitas sedangkan reliabilitas menggunakan rumus Cronbach Alpha dengan bantuan program SPSS for Windows versi 24.00. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas. Analisis data menggunakan teknik statistik yaitu uji One Way Anova dengan bantuan program SPSS for Windows versi 24.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Example Non Example berpengaruh positif terhadap pemahaman isi dongeng. Hal ini dibuktikan dari uji One Way Anova dengan nilai signifikansi 0,05 diperoleh nilai Fhitung 14,710 > Ftabel (3;88). Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Example Non Example berpengaruh positif terhadap pemahaman isi dongeng pada siswa.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Prof. Dr. Muhammad Japar, M.Si.,Kons., (0012096606) dan Ela Minchah L.A, M.Psi.Psi. (0606018701)
Uncontrolled Keywords: Example Non Example, Pemahaman siswa, Isi dongeng siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Jamzanah Wahyu Widayati
Date Deposited: 28 Dec 2019 02:03
Last Modified: 28 Dec 2019 02:03
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1261

Actions (login required)

View Item View Item