PENGARUH KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT TERHADAP PENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL PADA SISWA (Penelitian Pada Siswa Kelas VIII D SMP Muhammadiyah Tempuran Magelang)

Sarifatunnisa, Rizqi Awliya (2018) PENGARUH KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT TERHADAP PENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL PADA SISWA (Penelitian Pada Siswa Kelas VIII D SMP Muhammadiyah Tempuran Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0301.0018 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (801kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
13.0301.0018 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (237kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0301.0018 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0301.0018 _ FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kecerdasan emosi dipercaya menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan pendidikan siswa, dikarenakan kecerdasan emosi berkaitan dengan kemampuan individu dalam memantau emosinya sendiri ataupun emosi orang lain. Salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan kecerdasan emosional harus dimulai dari diri pribadi itu sendiri melalui teknik self management. Self management dianggap berperan untuk meningkatkan kecerdasan emosional siswa dengan melakukan pemantauan diri (self monitoring), reinforcement yang positif (self reward), perjanjian dengan diri sendiri (self contracting) dan penguasaan terhadap rangsangan (stimulus control). Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh konseling kelompok dengan teknik self management terhadap peningkatan kecerdasan emosional pada siswa. Penelitian dilakukan pada siswa kelas VIII D. Penelitian ini menggunakan pretest-posttest control group design dengan satu perlakuan. Sampel yang diambil sebanyak 16 siswa, 8 siswa masuk dalam kelompok eksperimen yaitu kelompok yang diberi perlakuan (konseling kelompok dengan teknik self management) dan 8 siswa masuk dalam kelompok kontrol yaitu kelompok yang tidak diberi perlakuan. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis parametrik yaitu uji Mann Withney dengan bantuan program SPSS for mac versi 24.00. Berdasarkan hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa konseling kelompok dengan teknik self management berpengaruh terhadap peningkatan kecerdasan emosional pada siswa, dibuktikan dengan hasil uji Mann Withney pada kelompok eksperimen dengan nilai U sebesar 73,5 dan nilai W sebesar 209,5 apabila dikonversikan dengan Z maka besarnya adalah -2,055. berikutnya diketahui nilai asymp. Sig. (2-tailed) memiliki probabilitas 0,04 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima.Perbedaan peningkatan skor skala kecerdasan emosional antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol adalah 23,03% pada kelompok eksperimen, sedangkan pada kelompok kontrol meningkat sebanyak -2,69%. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa konseling kelompok dengan teknik self management berpengaruh untuk meningkatkan kecerdasan emosional pada siswa kelas VIII D SMP Muhammadiyah Tempuran.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Additional Information: Dr. Purwati, M.S., Kons dan Nofi Nur Yuhenita, M.Psi. (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Konseling Kelompok, Teknik Self Management, Kecerdasan Emosional
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Soffa KIM
Date Deposited: 27 Apr 2019 03:52
Last Modified: 27 Apr 2019 03:52
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/127

Actions (login required)

View Item View Item