PENGARUH PEMBELAJARAN MAKE A MATCH MENGGUNAKAN MEDIA FLASHCARD TERHADAP PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS (Penelitian pada Siswa Kelas V SD Negeri Jurangombo 1)

Anindita, Dea (2019) PENGARUH PEMBELAJARAN MAKE A MATCH MENGGUNAKAN MEDIA FLASHCARD TERHADAP PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS (Penelitian pada Siswa Kelas V SD Negeri Jurangombo 1). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0120_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (942kB)
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0120_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (427kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0120_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0120_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0120_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (402kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan pembelajaran Make a Match menggunakan media flashcard terhadap peningkatan penguasaan kosakata bahasa inggris pada siswa kelas V SD Negeri Jurang Ombo 1 Magelang. Penelitian ini menggunakan rancangan pre-eksperimental. Rancangan penelitian eksperimen ini digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi yang terkendali dengan rancangan tes awal-tes akhir pada satu kelompok (One Group Pretest-Postest Design). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V Di Sekolah Dasar Negeri Jurangombo 1 Magelang sebanyak 29 siswa. metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes berbentuk pilihan ganda. Uji instrumen pada penelitian ini yang divalidasi melalui expert judgment. Sedangkan uji reliabilitas pada penelitian ini menggunakan rumus Cronbach’s Alpa. Uji prasyarat analisis data terdiri dari uji nomalitas, uji homogenitas. Analisis data menggunakan teknik statistic parametric yaitu Uji Paired Sample T-Test dengan bantuan program SPSS for Windows versi 23.00. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan pembelajaran Make a Match menggunakan media flashcard terhadap peningkatan penguasaan kosakata bahasa inggris pada siswa kelas V SD Negeri Jurang Ombo 1 Magelang. Hal ini dibuktikan dengan adanya hasil perbedaan dari pengukuran awal rata-rata 64,14, selanjutnya setelah diberikan perlakuan dan dilakukan pengukuran kembali diperoleh rata-rata 81,59. Maka di peroleh selisih dari pretest dan posttest 17,45. Hasil analisis Uji Paired Sample T-Test dengan probabilitas nilai sig (2-tailed) adalah 0,000<0,05. Kesimpulan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Make a Match menggunakan media flashcard berpengaruh positif terhadap peningkatan penguasaan kosakata bahasa inggris.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. Subiyanto, M.Pd (0007085701) dan Agrissto Bintang AP, M.Pd 0605078801(
Uncontrolled Keywords: make a match, flashcard, peningkatan, kosakata, bahasa inggris
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Nilma Himawati
Date Deposited: 02 Jan 2020 04:20
Last Modified: 02 Jan 2020 04:20
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1273

Actions (login required)

View Item View Item