PENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN OUTBOUND BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV (Penelitian pada Siswa Kelas IV SD N Congkrang 1 Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang)

Ardho, Roid Ismail (2019) PENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN OUTBOUND BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV (Penelitian pada Siswa Kelas IV SD N Congkrang 1 Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0073_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (898kB)
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0073_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (431kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0073_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0073_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0073_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (342kB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menguji model pembelajaran outbound berbasis multiple intelligences pada mata pelajaran IPS mampu meningkatkan keterampilan sosial siswa kelas IV SD Rancangan penelitian yang digunakan adalah PTK dengan menggunakan 3 siklus dengen 6 pertemuan. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah peserta didik yang berjumlah 32 peserta didik, yang memiliki keterampilan sosial rendah. Variabel dalam penelitian terdiri dari 3 variabel yaitu variabel input: Siswa kelas IV mempunyai keterampilan sosial rendah, variabel proses: penggunaan Model Pembelajaran Outbound berbasis Multiple intelligences pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV, variabel output: meningkatkan keterampilan sosial siswa. Adapun pengumpulan data dalam penelitian berupa observasi yang mengungkap data tentang perkembangan keterampilan sosial dalam kegiatan bermain outbound berbasis multiple intelligences . Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan sosial siswa SD Negeri Congkrang 1 meningkat. Sebelum dilakukan tindakan, sebagian besar siswa memiliki keterampilan sosial kurang, dan sedang. Namun pada Siklus III dapat dilihat sangat tampak terjadinya peningkatan keterampilan sosial siswa, yaitu (6,3%) memiliki keterampilan sosial kategori baik dan (93,3%) memiliki keterampilan sosial kategori sangat baik. Kesimpulannya bahwa keterampilan sosial siswa kelas IV SD Negeri Congkrang 1 Kecamatan Muntilan dapat meningkat ketika anak diajak untuk bermain outbound berbasis multiple intelligences .

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dr. Riana Mashar, M.Si.Psi. (0614107401) dan M.A Noviudin Pritama, M.Pd. (0625118801)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan sosial, Outbound berbasis Multiple intelligences , SD
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Nilma Himawati
Date Deposited: 17 Jan 2020 04:02
Last Modified: 17 Jan 2020 04:02
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1289

Actions (login required)

View Item View Item