PENGARUH ACTIVE LEARNING BERBASIS MOTEJA (MONOPOLI TEBAKAN JAWA) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA JAWA (Penelitian pada Siswa Kelas III SDN Rejowinangun Selatan Magelang)

Anggraeni, Aprilia Galuh (2019) PENGARUH ACTIVE LEARNING BERBASIS MOTEJA (MONOPOLI TEBAKAN JAWA) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA JAWA (Penelitian pada Siswa Kelas III SDN Rejowinangun Selatan Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0066_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (672kB)
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0066_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (231kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0066_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0066_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0066_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (126kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Active Learning berbasis media Moteja terhadap hasil belajar Bahasa Jawa kelas III Sekolah Dasar Negeri Rejowinangun Selatan Magelang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen murni dengan desain Nonequivalent Group Pretest Posttest Design. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDN Rejowinangun Selatan Magelang. Penelitian ini menggunakan 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas III SDN Rejowinangun Selatan 4 sebagai kelas eksperimen (24), kelas III SDN Rejowinangun Selatan 3 sebagai kelas kontrol (24). Analisi data meliputi uji validitas, normalitas, homogenitas, dan uji-t teknik Independent Samples Test dengan bantuan program SPSS 25. Hasil penelitian menujukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran Active Learning berbasis Moteja terhadap hasil belajar Bahasa Jawa siswa kelas III di SDN Rejowinangun Selatan Magelang. Hasil penelitian menunjukkan Sig. (2-tailed) sebesar 0,001 < 0,05 (terdapat pengaruh) . Berdasarkan hasil analisi dan pembahasan terdapat perbedaan skor rata-rata hasil belajar kelas ekspermen sebesar 7,7 dan kelas kontrol sebesar 6,5.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Sugiyadi, M.Pd., Kons (0627057501) dan Ari Suryawan, M.Pd (0618128801)
Uncontrolled Keywords: Active Learning, hasil belajar, bahasa jawa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Nilma Himawati
Date Deposited: 18 Jan 2020 02:09
Last Modified: 18 Jan 2020 02:09
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1291

Actions (login required)

View Item View Item