PENERAPAN STRATEGI ACTIVE LEARNING TIPE QUIZ TEAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS (Penelitian pada siswa kelas III SDN Candisari Kecamatan Secang Kabupaten Magelang)

Fauzia, Chanifa (2019) PENERAPAN STRATEGI ACTIVE LEARNING TIPE QUIZ TEAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS (Penelitian pada siswa kelas III SDN Candisari Kecamatan Secang Kabupaten Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0136_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (836kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0136_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (388kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0136_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0136_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (388kB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0136_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi active learning tipe quiz team terhadap hasil belajar siswa (Penelitian pada siswa kelas III SDN Candisari Kecamatan Secang Kabupaten Magelang). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) kolaboratif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri Candisari yang berjumlah 27 siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah model Kemmis dan Mc. Taggart. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan dua siklus yang terdiri empat kali pertemuan. Teknik analisis data yaitu meggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran aktif tipe quiz team dapat meningkatkan proses pembelajaran yang ditinjau dari aktivitas guru dan aktivitas siswa. Hal ini terlihat dari aktivitas guru dalam menerapkan pembelajaran aktif tipe quiz team sudah baik. Guru berperan sebagai fasilitator dan pembimbing bagi siswa dalam proses pembelajaran. Sedangkan aktivitas siswa dapat dilihat dari keterlibatan siswa dalam berbagai kegiatan pembelajaran aktif tipe quiz team. Selain itu, terdapat peningkatan persentase pencapaian nilai ketuntasan siswa pada siklus 1 meningkat sebesar 29,5%, kondisi awal 48,2% meningkat menjadi 77,7% dan pada siklus II meningkat sebesar 40,6%, kondisi awal 48,2% meningkat menjadi 88,8%. Peningkatan juga terjadi pada nilai rerata siswa pada siklus 1 sebesar 8,5. Kondisi awal 67,7 meningkat menjadi 76,6 dan pada siklus II meningkat sebesar 14,6. Kondisi awal 67,7 meningkat menjadi 82,3. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi active learning tipe quiz team dapat meningkatkan hasil belajar IPS.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. Arie Supriyatna, M.Si. (0012045601) dan Septiyati Purwandari M.Pd (0601098303)
Uncontrolled Keywords: Active Learning, Quiz Team, Hasil Belajar IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Jamzanah Wahyu Widayati
Date Deposited: 18 Jan 2020 02:43
Last Modified: 18 Jan 2020 02:43
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1313

Actions (login required)

View Item View Item