PENGARUH MODEL TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR IPS (Penelitian Pada Siswa Kelas V SD Negeri Donorojo Mertoyudan Magelang)

Mardiana, Nurmalasari (2019) PENGARUH MODEL TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR IPS (Penelitian Pada Siswa Kelas V SD Negeri Donorojo Mertoyudan Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0196_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (723kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0196_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (306kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0196_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0196_Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0196_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar IPS kelas V Sekolah Dasar Negeri Donorojo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Pre-Eksperimental dengan desain One Group Pretest Posttest. Subjek penelitian dipilih secara teknik sampling jenuh. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas V.Sampel yang digunakan sebanyak 23 orang siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes. Uji validitas instrumen tes menggunakan rumus product moment sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus cronbach alpha dengan bantuan program SPSS for Windows versi 23.00. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas. Analisis data menggunakan teknik analisis non parametrik yaitu uji wilcoxon dengan bantuan program SPSS for Windows versi 23.00. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran Two Stay Two Stray berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPS. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis uji wilcoxon pada kelompok eksperimen dengan nilai sig (2-tailed) 0,000 < 0,05. Berdasarkan analisis dan pembahasan, terdapat perbedaan skor rata-rata pretest 49,69 dan skor rata-rata posttest 77,73. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Two Stay Two Stray berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPS.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dr. Riana Mashar, M.Si.,Psi (0614107401) dan Tria Mardiana M.Pd (0603039002)
Uncontrolled Keywords: Model Two Stay Two Stray (TSTS), Hasil Belajar IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Jamzanah Wahyu Widayati
Date Deposited: 18 Jan 2020 02:48
Last Modified: 18 Jan 2020 02:48
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1325

Actions (login required)

View Item View Item