PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA “SIPUT” (ROTASI PUTAR) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN (Penelitian pada Siswa Kelas III SD Negeri Ringinanom 2 Kecamatan Tempuran Kabupaten Magelang)

Agustin, Adelia (2019) PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA “SIPUT” (ROTASI PUTAR) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN (Penelitian pada Siswa Kelas III SD Negeri Ringinanom 2 Kecamatan Tempuran Kabupaten Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0034_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0034_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (612kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0034_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0034_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0034_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (338kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa mata pelajaran PKn pada siswa kelas 3 SD Negeri Ringinanom 2 Kecamatan Tempuran Kabupaten Magelang. Jenis penelitian ini eksperimen dengan desain Pre-eksperimental, khususnya pola one group pretest posttes desaign. Pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) dengan bantuan media “Siput” (Rotasi Putar) diterapkan di kelas 3 Sd Negeri Ringinanom 2 yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Data penelitian yang dikumpulkan melalui soal tes tertulis kemudian dianalisis menggunakan Uji Parametrik dengan Uji Wilcoxon. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) dengan bantuan media “Siput” (rotasi putar) berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa mata pelajaran PKn. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya nilai rata-rata posttest dibandingkan nilai rata-rata pretest. Uji hipotesis diperoleh Asymp.Sign. (2-tailed) adalah 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) dengan bantuan media “Siput” (rotasi putar) berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa mata pelajaran PKn.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Hermahayu, M.Si. (0611098203) dan Agrissto Bintang Aji Pradana, M.Pd. (0605078801)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning), Kemampuan Berpikir Kritis, Media Siput (Rotasi Putar)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Nilma Himawati
Date Deposited: 18 Jan 2020 03:52
Last Modified: 18 Jan 2020 03:52
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1346

Actions (login required)

View Item View Item