PENGARUH PEMBELAJARAN CIRC DENGAN MEDIA PURAWA (PUZZLE AKSARA JAWA) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS AKSARA JAWA (Penelitian pada Siswa Kelas IV di SDN Medari Ngadirejo Temanggung)

Aningsih, Anisa Triasti (2019) PENGARUH PEMBELAJARAN CIRC DENGAN MEDIA PURAWA (PUZZLE AKSARA JAWA) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS AKSARA JAWA (Penelitian pada Siswa Kelas IV di SDN Medari Ngadirejo Temanggung). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0018_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0018_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (456kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0018_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0018_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0018_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (569kB) | Preview

Abstract

Menulis aksara Jawa merupakan salah satu pembelajaran yang sulit bagi sisiwa, sehingga siswa pasif dalam pembelajaran. Hal tersebut mengakibatkan keterampilan menulis aksara Jawa rendah, oleh hal itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran CIRC dengan Media PURAWA (Puzzle Aksara Jawa) terhadap keterampilan menulis Aksara Jawa pada siswa kelas IV di SD Negeri Medari Kecamatan Ngadirejo Kabupaten Temanggung Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design, khususnya pola Quasi Experimental Design. Pembelajaran CIRC dengan Media PURAWA (Puzzle Aksara Jawa) terhadap ketrampilan menulis Aksara Jawa pada siswa kelas IV di SD Negeri Medari berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen, sedangkan siswa kelas IV di SD Negeri Karanggedong berjumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Pengumpulan data melalui soal tes kemudian dianalisis menggunakan Uji One Way Anova dengan IBM SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran CIRC dengan Media PURAWA (Puzzle Aksara Jawa) berpengaruh terhadap keterampilan menulis Aksara Jawa. Dibuktikan dengan hail analisis uji One Way Anava pada tes dengan nilai probabilitas yang diperoleh pada tingkat signifikansi 0,05, nilai F hitung = 45.584 > F0,05 (3;116) sebesar 2.68. Sedangkan hasil observasi dengan analisis One Way Anova diperoleh probabilitas nilai signifikansi F hitung = 45.584 > F0,05 (3;116).

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dr. Purwati, MS.,Kons (0002086001) dan Galih Istiningsih, M.Pd, (0619018901)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran CIRC dengan Media PURAWA (Puzzle Aksara Jawa), Keterampilan Menulis
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Jamzanah Wahyu Widayati
Date Deposited: 18 Jan 2020 03:55
Last Modified: 18 Jan 2020 03:55
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1349

Actions (login required)

View Item View Item