PENGARUH METODE KATA LEMBAGA DENGAN MEDIA BIG BOOK BERGAMBAR TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN (Penelitian pada Siswa Kelas I SD N Ropoh 3 Kecamatan Kepil Kabupaten Wonosobo)

Septiyani, Wulan (2019) PENGARUH METODE KATA LEMBAGA DENGAN MEDIA BIG BOOK BERGAMBAR TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN (Penelitian pada Siswa Kelas I SD N Ropoh 3 Kecamatan Kepil Kabupaten Wonosobo). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0057_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (800kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0057_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (226kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0057_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0057_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0057_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (341kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode kata lembaga dengan media Big Book bergambar terhadap keterampilan membaca permulaan. Penelitian ini termasuk dalam penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel jenuh. Metode pengambilan data yang digunakan adalah metode tes. Analisis data yang digunakan adalah teknik statistik non parametric yaitu uji Wilcoxon dengan bantuan SPSS 23.0 for Windows. Hasil uji Wilcoxon dengan nilai Z sebesar -4.070 dan Asymp. Sig. (2- tailed) sebesar 0,000 < (0,05). Berdasarkan analisis dan pembahasan terdapat perbedaan antara pengukuran awal dan pengukuran akhir dengan selisih rata-rata skor sebesar 24,4. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa metode kata lembaga dengan media Big Book bergambar berpengaruh terhadap keterampilan membaca permulaan.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dra. Indiati, M.Pd. (0028036001) dan Agrissto Bintang A.P, M.Pd. (0605078801)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan membaca permulaan, metode kata lembaga, Big Book bergambar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Jamzanah Wahyu Widayati
Date Deposited: 20 Jan 2020 03:10
Last Modified: 20 Jan 2020 03:10
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1355

Actions (login required)

View Item View Item