PENGARUH PEMBELAJARAN IPA DENGAN MODEL GUIDED DISCOVERY BERBANTUAN MEDIA DIORAMA LINGKUNGAN TERHADAP KEMAMPUAN ANALISIS SISWA (Penelitian pada Siswa Kelas III SD N 3 Kepil, Wonosobo)

Astuti, Dwi Andriyani (2019) PENGARUH PEMBELAJARAN IPA DENGAN MODEL GUIDED DISCOVERY BERBANTUAN MEDIA DIORAMA LINGKUNGAN TERHADAP KEMAMPUAN ANALISIS SISWA (Penelitian pada Siswa Kelas III SD N 3 Kepil, Wonosobo). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0059_BAB I_BAB II_ BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0059_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (365kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0059_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0059_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0059_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (442kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran IPA dengan model guided discovery berbantuan media diorama lingkungan terhadap kemampuan analisis siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri 3 Kepil, Wonosobo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu (Quasi Experimental) dengan model Nonequivalent control group design. Subjek penelitian dipilih secara total sampling. Sampel yang diambil sebanyak 44 siswa terdiri dari 24 siswa kelompok eksperimen dan 24 siswa kelompok kontrol. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan observasi. Uji validitas instrumen tes menggunakan teknik korelasi product moment dengan bantuan komputer program IMB SPSS versi 25.00 for windows. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas. Analisis data menggunakan teknik statistik One Way Anava dengan bantuan komputer program IMB SPSS versi 25.00 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran IPA dengan model guided discovery berbantuan media diorama lingkungan berpengaruh positif terhadap kemampuan analisis siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis uji One Way Anava pada kelompok eksperimen, hasil analisis menggunakan test dengan probabilitas nilai signifikansi 0,05 diperoleh nilai Fhitung 15,450>Ftabel 3,11. Sedangkan hasil analisis One Way Anava melalui observasi diperoleh nilai Fhitung 12,196 > Ftabel 3,11.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dr. Purwati, MS.,Kons (0002086001) dan Dhuta Sukmarani, M.Si (0609088701)
Uncontrolled Keywords: Model Guided Discovery, Kemampuan Analisis, IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Nilma Himawati
Date Deposited: 20 Jan 2020 03:11
Last Modified: 20 Jan 2020 03:11
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1356

Actions (login required)

View Item View Item