PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VIZUALISATION AUDITORY KINESTHETIC (VAK) TERHADAP HASIL BELAJAR SENI TARI PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA BAGI SISWA SEKOLAH DASAR (Penelitian pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 2 Sidorejo, Kecamatan Temanggung, Kabupaten Temanggung)

Sandita, Intan (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VIZUALISATION AUDITORY KINESTHETIC (VAK) TERHADAP HASIL BELAJAR SENI TARI PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA BAGI SISWA SEKOLAH DASAR (Penelitian pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 2 Sidorejo, Kecamatan Temanggung, Kabupaten Temanggung). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0137_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (720kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0137_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (345kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0137_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0137_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0137_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (547kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Vizualisation Auditory Kinesthetic (VAK) terhadap hasil belajar seni tari pada mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya bagi siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 2 Sidorejo Kabupaten Temanggung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan model Quasi Experimental tipe Noneequivalent Control Group Design. Subjek penelitian dipilih secara Sampling Jenuh. Sampel yang diambil sebanyak 36 siswa terdiri dari 18 siswa kelompok eksperimen dan 18 siswa kelompok kontrol. metode pengumpulan data menggunakan tes. Sedangkan pengkajian instrumen dalam rangka menguji keampuhan instrumen dilakukan dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji taraf kesurakan, dan uji daya beda. Uji validitas yang dipakai adalah uji validasi ahli dan uji validitas rumus korelasi Product Moment Karl Pearson, sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus Cronbach Alpha (a). Persyaratan uji analisis data menggunakan uji normalitas dengan rumus Kolmogorov-Smirnov dan uji homogenitas dengan rumus Test of Homogeneity of Variances. Analisis untuk pengujian hipotesis yang dipakai berupa analisis statistik Independent Sampel T-Test dengan rumus uji-t. Perhitungan dilakukan menggunakan program SPSS 23.0 for windows. Berdasarkan hasil analisis uji-t disimpulkan bahwa “Terdapat pengaruh yang signifikan pada hasil belajar seni tari siswa pada mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol”. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis uji t-test data posttest pada kelompok eksperimen diperoleh sig. (2-tailed) sebesar 0,001 artinya 0,001 < 0,05, dan rata-rata hasil belajar antara kelompok eksperimen lebih besar dari kelompok kontrol yaitu 75,66 > 68,77. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Vizualisation Auditory Kinesthetic (VAK) berpengaruh positif terhadap hasil belajar seni tari.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dra. Indiati, M.Pd. (0028036001) dan Ahmad Syarif, M. Or. (0630038903)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Vizualisation Auditory Kinesthetic (VAK), Hasil Belajar Seni Tari
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Jamzanah Wahyu Widayati
Date Deposited: 20 Jan 2020 03:49
Last Modified: 20 Jan 2020 03:49
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1371

Actions (login required)

View Item View Item