PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW II BERBANTUAN MEDIA KONKRET UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES IPA (Pada Siswa Kelas III SDN Kalinongko Kabupaten Purworejo)

Riyantini, Endang (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW II BERBANTUAN MEDIA KONKRET UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES IPA (Pada Siswa Kelas III SDN Kalinongko Kabupaten Purworejo). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0204_BAB I_BAB II_ BAB III_ BAB V_ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (588kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0204_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (513kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0204_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0204_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0204_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan proses IPA melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw II. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III yang berjumlah 31 terdiri dari 17 laki-laki dan 14 perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi pembelajaran dan observasi keterampilan proses. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar observasi pembelajaran dan observasi praktikum yang telah divalidasi melalui expert judgement. Data dianalisis melalui metode deskriptif kualitatif dengan melihat peningkatan tiap siklus. Hasil penelitian menunjukan peningkatan keterampilan proses IPA siswa adanya perbaikan pembelajaran. Peningkatan keterampilan tersebut dari pra siklus yaitu 6,4 (kategori kurang), meningkat siklus I menjadi 8,3 (kategori cukup), dan terjadi peningkatan kembali pada siklus II menjadi 9,9 (kategori baik). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw II berbantuan media konkret dapat meningkatkan keterampilan proses IPA pada siswa kelas III SDN Kalinongko Kabupaten Purworejo.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dr. Purwati, MS.,Kons, (0002086001) dan Agrissto Bintang A.P, M.Pd, (0605078801)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kooperatif, Jigsaw, Keterampilan Proses, Media Konkret
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Jamzanah Wahyu Widayati
Date Deposited: 20 Jan 2020 04:02
Last Modified: 20 Jan 2020 04:02
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1384

Actions (login required)

View Item View Item