PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELING TERHADAP PENINGKATAN KONSEP DIRI SISWA (Penelitian pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 13 Magelang)

Pradana, Ardiar Putra Trisnu (2020) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELING TERHADAP PENINGKATAN KONSEP DIRI SISWA (Penelitian pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 13 Magelang). Other thesis, Skripsi,Universitas Muhammadiyaj Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0301.0055_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (604kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
13.0301.0055_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (254kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0301.0055_FULLTEXT.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0301.0055_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0301.0055_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (319kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Bimbingan Kelompok dengan Teknik Modeling terhadap Peningkatan Konsep Diri Siswa. Penelitiam pada siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Magelang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen murni dengan model Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah 250 siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Magelang. Sampel penelitian berjumlah 16 siswa yang dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu 8 siswa pada kelompok eksperimen dan 8 siswa pada kelompok kontrol yang dipilih menggunakan teknik random sampling dengan melakukan undian nama kepada siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah skala konsep diri dengan hasil reliabilitas 0,950. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji anova (analysis of verience) dengan hasil nilai sig. 0,001 < 0,05. Perhitungan ini menggunakan program SPSS v.23.00 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan kelompok dengan teknik modeling berpengaruh terhadap peningkatan konsep diri siswa. Peningkatan konsep diri siswa ditunjukkan dengan perbedaan skor skala konsep diri setelah dilakukan perlakuan, serta perubahan perilaku sesuai dengan aspek konsep diri.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Sugiyadi, M.Pd., Kons
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok, Teknik Modeling, Konsep Diri Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 28 Sep 2020 03:28
Last Modified: 28 Sep 2020 03:28
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1518

Actions (login required)

View Item View Item