PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI PEMBELAJARAN AKTIF DENGAN MEDIA KARTU KATA (Penelitian pada Siswa Kelas 1 SDN Tempurejo 1 Kabupaten Magelang)

Khamdani, Faisal (2020) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI PEMBELAJARAN AKTIF DENGAN MEDIA KARTU KATA (Penelitian pada Siswa Kelas 1 SDN Tempurejo 1 Kabupaten Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0177_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (769kB)
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0177_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (346kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0177_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0177_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0177_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (329kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui pembelajaran aktif dengan media kartu kata pada siswa kelas 1 SD Negeri Tempurejo 1 Kabupaten Magelang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang disebut dengan classroom action research. Penelitian dilaksanakan dengan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan dua siklus, masingmasing siklus mencakup perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini berjumlah 20 siswa pada kelas 1 SDNegeri Tempurejo 1 Kabupaten Magelang Tahun Ajaran 2019/2020. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode observasi dan wawancara. Metode analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis kualitatif yang berupa hasil dari nilai kemampuan membaca permulaan siswa yang disajikan dalam bentuk angka untuk mencari nilai rata-rata dan persentase ketuntasan belajar Kesimpulan dari hasil penelitian yang dilaksanakan adalah pembelajaran aktif melalui media kartu kata dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada kelas 1 SD Negeri Tempurejo 1 Kabupaten Magelang, dibuktikan dengan kemampuan Pra siklus kemampuan membaca permulaantingkat ketuntasan belajar mencapai 45 % dengan rata-rata kemampuan mencapai 63. Kemampuan membaca setelah siklus 1 tingkat ketuntasan meningkat menjadi 70 % dan nilai rata-rata kemampuan membaca permulaan masih di bawah KKM 75 yaitu mencapai 73. Setelah diimplementasikan pembelajaran aktif melalui kartu kata pada siklus 2, tingkat ketuntasan sudah mencapai 100 % dan nilai rata-rata kelas mencapai 79.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. Arie Supriyatna, M.Si, dan Rasidi M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Membaca Permulaan, Pembelajaran Aktif, Media Kartu Kata
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 15 Oct 2020 01:21
Last Modified: 15 Oct 2020 01:21
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1578

Actions (login required)

View Item View Item