PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA

Rochayah, Siti (2019) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0301.0061 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (584kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
14.0301.0061 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (439kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0301.0061 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0301.0061 _ FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0301.0061 _ PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok teknik problem solving untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas XI IPA 3 SMA N 1 Candimulyo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian (quasi eksperiment), desain penelitian yan digunakan adalah nonequivalent control group design. Subjek penelitian dipilih secara purposive sampling. Sample yang diambil sebanyak 16 siswa, 8 siswa masuk dalam kelompok eksperimen dan 8 siswa masuk dalam kelompok control. Pengumpulan data menggunakan skala minat belajar. Teknik analisis data menggunak ananalisis non parametik Uji Mann Whitney dengan bantuan program SPSS for Windows versi 23.00. Hasil penelitian menunjukan bahwa bimbingan kelompok teknik problem solving efektif untuk meningkatkan minat belajar. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis Uji Wilcoson pada kelompok eksperimen dengan probabilitas asymp. Sig. (2-tailed) 0,001 < 0,05. Berdasarkan analisis dan pembahasan, terdapat perbedaan skor rata-rata angket minat belajar antara kelompok eksperimen sebesar (34,51 %) dan kelompok Kontrol sebesar (3,41%).Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok teknik problem solving berpengaruh untuk meningkatkan minat belajar siswa.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. Arie Supriyatno, M.Si dan Sugiyadi, M.Pd,. Kons (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok, Problem Solving, Minat Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 02 May 2019 09:01
Last Modified: 02 May 2019 09:01
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/158

Actions (login required)

View Item View Item