PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF TALK UNTUK MENINGKATKAN KONSEP DIRI (Penelitian Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Magelang)

Annisa, Annisa (2020) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF TALK UNTUK MENINGKATKAN KONSEP DIRI (Penelitian Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img] PDF (Skripsi)
15.0301.0002_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (720kB)
[img] PDF (Skripsi)
15.0301.0002_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (344kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0301.0002_FULLTEXT..pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0301.0002_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0301.0002_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (554kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik self talk untuk meningkatkan konsep diri siswa. Penelitian ini menggunakan One Group Pretest-Post Test Design dengan satu perlakuan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Magelang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas VIII C yang memiliki konsep diri sangat rendah sehingga diperoleh 9 sabyek. Teknik sampling yang dipilih ialah purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner. Teknik analisis data menggunakan statistic parametric yaitu uji paired sampel t-test dengan bantuan program SPSS for windows versi 20.0. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa bimbingan kelompok dengan teknik self talk berpengaruh positif terhadap peningkatan konsep diri. Hal ini dibuktikan dengan adanya perbedaan peningkatan skor posttest yang signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan skor pretest sebelum diberi perlakuan, dengan rata-rata 88.0% dan hasil analisis Uji paired sampel t-test menunjukan p=0.000<0,05, hasil probalitas menunjukan kurang dari 0,05 maka hipotesis Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok dengan teknik self talk berpengaruh terhadap peningkatan konsep diri siswa.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. Subiyanto, M.Pd. dan Dewi Lianasari, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok, Teknik Self Talk, Konsep diri
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 15 Oct 2020 01:50
Last Modified: 15 Oct 2020 01:50
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1584

Actions (login required)

View Item View Item