PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN DENGAN MEDIA BONEKA TANGAN TERHADAP KETRAMPILAN BERBICARA (Penelitian pada Siswa Kelas IV SD Negeri Pasuruhan 1 Kecamatan Mertoyudan)

Nurul Fauziyah, Masyitoh (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN DENGAN MEDIA BONEKA TANGAN TERHADAP KETRAMPILAN BERBICARA (Penelitian pada Siswa Kelas IV SD Negeri Pasuruhan 1 Kecamatan Mertoyudan). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0145_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0145_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (271kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0145_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0145_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0145_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (430kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajran Kooperatif Tipe Time Token dengan menggunakan Boneka Tangan terhadap ketrampilan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV Sekolah Dasar Negeri Pasuruhan 1 Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan Model Pretest Posttest Control Group Design. Subyek penelitian dipilih sampling jenuh. Sampel yang diambil 36 siswa terdiri dari 18 siswa kelompok eksperimen dan 18 kelompok kontrol. Metode pengumpulan data dilakukan dengan tes lisan. Uji validitas instrumen menggunakan pendapat ahli (professional judgement)dengan beberapa ahli. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas.analisis data menggunakan tekhnik statustik non parametric yaitu uji wilcoxon Signed Rank Test dengan berbantu SPSS For windows versi 23. Hasil penelitian menunjukkan Berdasarkan data uji independent sample t-test. Ketrampilan berbicara siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 dan di dapatkan nilai > sebesar 4.498 > 0, 349 sehingga dapat di simpulkan bahwa Ho di tolak dan Ha di terima, yang artinya terdapat pergaruh signifikan model pembelajaran kooperatif tipe time token dengan media boneka tangan terhadap ketrampilan berbicara. Hal ini dikarenakan terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata ketrampilan berbicara siswa kelas eksperimen setelah di berikan tindakan atau treatment menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe time token dengan media boneka tangan, sementara kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Ketrampilan berbicara pada kelas eksperimen mengalami peningkatan yang lebih signifikan di bandingkan dengan kelas kontrol.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. Arie Supriyatna M.Pd dan Arif Wiyat Purnanto M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Time Token,Boneka Tangan, Kemampuan Berbicara
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 15 Oct 2020 02:25
Last Modified: 15 Oct 2020 02:25
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1597

Actions (login required)

View Item View Item