PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA (Penelitian pada Siswa Kelas III SD Negeri Geger Kecamatan Tegalrejo Kabupaten Magelang)

Asfiyati, Faridatul (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA (Penelitian pada Siswa Kelas III SD Negeri Geger Kecamatan Tegalrejo Kabupaten Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0020_Bab I_Bab II_Bab III_Bab V_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (579kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0020_Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (287kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0020_Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0020_Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0020_Pernyataan Publikasi.pdf - Published Version

Download (466kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 3 SD Negeri Geger Kecamatan Tegalrejo Kabupaten Magelang. Penelitian ini adalah jenis penelitian Pre Experimental Design) dengan model One Group Pretest Posttest Design. Subjek penelitian dipilih secara Sampling Jenuh. Sampel yang diambil sebanyak 28 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan soal tes hasil belajar sebanyak 38 butir soal pilihan ganda. Uji validitas instrumen soal tes hasil belajar menggunakan rumus product moment, uji reliabilitas menggunakan rumus cronbach alpha, uji tingkat kesukaran soal dan uji daya pembeda dengan bantuan program SPSS for Windows versi 23.00. Analisis data menggunakan teknik statistik non parametrik yaitu uji Wilcoxon dengan bantuan program SPSS for Windows versi 23.00. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Jigsaw berpengaruh terhadap hasil belajar IPA. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis Uji Wilcoxon diperoleh hasil Z scorE = 4627 dan Asymp. Sig. (2-tailed) adalah 0,000 < 0,05 maka Ha diterima. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, terdapat perbedaan nilai rata-rata hasil belajar antara rata-rata posttest sebesar 75,39 dan rata-rata pretest sebesar 58,89. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Jigsaw berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar IPA.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dra. Indiati, M.Pd dan Ela Minchah L.A. M.Psi.Psi
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Jigsaw, Hasil Belajar IPA.
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 15 Oct 2020 02:40
Last Modified: 15 Oct 2020 02:40
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1602

Actions (login required)

View Item View Item