PENGARUH METODE BERNYANYI TERHADAP PENINGKATAN HAFALAN ASMAUL HUSNA (Penelitian pada Siswa Kelompok B Kelompok Bermain Budi Asih Kecamatan Kajoran Kabupaten Magelang) Ika Istiyani

Istiyani, Ika (2020) PENGARUH METODE BERNYANYI TERHADAP PENINGKATAN HAFALAN ASMAUL HUSNA (Penelitian pada Siswa Kelompok B Kelompok Bermain Budi Asih Kecamatan Kajoran Kabupaten Magelang) Ika Istiyani. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0304.0025_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (936kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
15.0304.0025_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (334kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0304.0025_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0304.0025_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0304.0025_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bernyanyi terhadap peningkatan hafalan asmaul husna anak pada anak kelompok B Kelompok Bermain Budi Asih Sutopati, Kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang. Penelitian ini dilaksanakan dengan rancangan eksperimen dengan jenis One Group Pretest-Postest Design dengan melakukan pengukuran awal dan pengukuran akhir. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelompok B Kelompok Bermain Budi Asih Sutopati, Kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2019/2020 berjumlah 17 anak, teknik sampling menggunakan sampling total. Penelitian ini menggunakan instrumen dengan 3 item indikator. Teknik analisis data yang digunakan adalah nonparametrik dengan uji Wilcoxon Ranks Test menggunakan bantuan SPSS for windows versi 23.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bernyanyi berpengaruh terhadap peningkatan hafalan asmaul husna anak usia dini. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji wilcoxon rank test diperoleh nilai t sebesar -3.624 dengan tingkat signifikasi (a) 0,05 sedangkan statistik tabel 0. Hasil perhitungan SPSS terlampir. Berdasarkan hasil pengukuran awal dan pengukuran akhir diketahui bahwa hafalan asmaul husna pada anak mengalami perbedaan skor rata-rata setelah diberikan perlakuan menggunkan metode bernyanyi. Hasil demikian dapat dikatakan bahwa metode bernyanyi berpengaruh terhadap peningkatan hafalan asmaul husna anak. Hal ini berarti hipotesis penelitian yang berbunyi “Metode Bernyanyi Berpengaruh Terhadap Peningkatan Hafalan Asmaul Husna Anak”, terbukti kebenarannya.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Hermahayu, M.Si. dan Khusnul Laely, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Metode Bernyanyi, Hafalan Asmaul Husna
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 15 Oct 2020 03:40
Last Modified: 15 Oct 2020 03:40
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1613

Actions (login required)

View Item View Item