PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK REINFORCEMENT POSITIF DAN SELF MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR (Penelitian pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Magelang)

Ari Saputra, Yogie Wahyu (2020) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK REINFORCEMENT POSITIF DAN SELF MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR (Penelitian pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img] PDF (Skripsi)
15.0301.0045_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (704kB)
[img] PDF (Skripsi)
15.0301.0045_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (251kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0301.0045_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0301.0045_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0301.0045_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (417kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji bimbingan kelompok teknik reinforcement positif dan self management terhadap peningkatan konsentrasi belajar siswa. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Magelang. Penelitian ini menggunakan desain randomized pretest-posttest comparison group design. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 16 siswa dengan pembagian 8 siswa sebagai kelompok eksperimen 1 dan 8 sebagai kelompok eksperimen 2. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan skala konsentrasi belajar. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis parametrik One Way Anova. Hasil penelitian menunjukan bahwa bimbingan kelompok model behavioral teknik reinforcement positif dan self management dapat meningkatkan konsentrasi belajar siswa. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil uji anova dengan probabilitas nilai sig (2-tailed) 0,00 < 0,05. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan skor pre-test dan post-test pada kedua kelompok eksperimen, dimana rata-rata peningkatan skor pre test dan post test kelompok eksperimen 1 sebesar 23,49% dan kelompok eksperimen 2 sebesar 14,01%. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok model behavioral teknik reinforcement positif dan self management berpengaruh terhadap konsentrasi belajar siswa. Kata kunci: bimbingan kelompok, teknik

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Prof. Dr. M. Japar M.Si.,Kons dan Dewi Lianasari, M.Pd
Uncontrolled Keywords: bimbingan kelompok, teknik reinforcement positif dan self management, konsentrasi belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 15 Oct 2020 04:29
Last Modified: 15 Oct 2020 04:29
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1623

Actions (login required)

View Item View Item