EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK MENGGUNAKAN PENDEKATAN REALITA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR

Khabib, Firda Latifah (2019) EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK MENGGUNAKAN PENDEKATAN REALITA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0301.0088 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (534kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
14.0301.0088 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (196kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0301.0088 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0301.0088 _ FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0301.0088 _ PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas konseling kelompok menggunakan pendekatan realita untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini dilakukan pada kelas IX D SMP Muhammadiyah Tempuran Kabupaten Magelang tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan one group pretest-postest design. Pengukuran dilakukana dengan skala motivasi belajar yang diberikan sebelum perlakuan dan sesudah perlakuan. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 27 siswa. Sampel yang diambil sebanyak 7 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive samplingdengan kriteria yang memiliki motivasi belajar rendah.Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan angket. Teknik analisis data menggunakan Uji Wilcoxonsigned rank test. Kesimpulan hasil penelitian ini menuunjukan bahwa konseling kelompok menggunakan pendekatan realita mampu meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil uji wilcoxon dengan probabilitas nilai sig (2-tailed) 0,028 < 0,05. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, terdapat perbedaan hasil skor pretest-postest sebesar 13,85 atau 13,81%. Hasil dari penelitian ini disimpulkan bahwa konseling kelompok menggunakan pendekatan realita efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada kelas IX D SMP Muhammadiyah Tempuran Magelang.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dra. Indiati, M.Pd dan Dewi Liana Sari, M.Pd, (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Konseling Kelompok, Pendekatan Realita, Motivasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 02 May 2019 09:33
Last Modified: 02 May 2019 09:33
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/165

Actions (login required)

View Item View Item