KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN AL ISLAM DAN KEMUHAMMADIYAHAN DALAM MENINGKATKAN PERILAKU KEBERAGAMAAN SISWA SMK MUHAMMADIYAH 2 MUNTILAN MAGELANG

TORO, LUQMAN (2020) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN AL ISLAM DAN KEMUHAMMADIYAHAN DALAM MENINGKATKAN PERILAKU KEBERAGAMAAN SISWA SMK MUHAMMADIYAH 2 MUNTILAN MAGELANG. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0401.0006 _BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
14.0401.0006 _BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (500kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0401.0006 _FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0401.0006 _LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0401.0006_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (571kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran Al Islam dan Kemuhammadiyahan dalam meningkatkan perilaku keberagamaan siswa di SMK Muhammadiyah 2 Muntilan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMK Muhammadiyah 2 Muntilan yang berjumlah 294 siswa. Adapun sampel penelitian ini berjumlah 32 siswa yang ditentukan dengan cara purposive sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket untuk variable pembelajaran Al Islam dan Kemuhammadiyahan serta perilaku keberagamaan siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif dengan statistik. Untuk mengetahui keefektifan pembelajaran Al Islam dan Kemuhammadiyahan dalam meningkatkan perilaku keberagamaan siswa, menggunakan bantuan computer program SPSS for windows version 23.00. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran Al Islam dan Kemuhammadiyahan diperoleh frekuensi 26 dengan prosentase 81,25% yang peneliti katagorikan baik. Perilaku keberagamaan siswa diperoleh frekuensi 20 dengan prosentase 52,50% yang peneliti kategorikan baik. Keefektifan pembelajaran Al Islam dan Kemuhammadiyahn dalam meningkatkan perilaku kebergamaan siswa SMK Muhammadiyah 2 Muntilan diperoleh nilai correlation sebesar 0,508 dengan prosentase 50,8%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Al Islam dan Kemuhammadiyahan berpengaruh dalam perilaku keberagamaan siswa sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain, meliputi: lingkungan dan pergaulan sesama teman.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dr. Suliswiyadi, M.Ag dan Istania Widayati, M.Pd.I
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 20 Oct 2020 04:22
Last Modified: 20 Oct 2020 04:22
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1679

Actions (login required)

View Item View Item