PELATIHAN STRATEGI SELF REGULATED LEARNING UNTUK MENGURANGI KESULITAN BELAJAR (Penelitian pada siswa kelas VIII D SMP N 3 Mertoyudan, Magelang)

Asnan, Dwi Anif (2018) PELATIHAN STRATEGI SELF REGULATED LEARNING UNTUK MENGURANGI KESULITAN BELAJAR (Penelitian pada siswa kelas VIII D SMP N 3 Mertoyudan, Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0301.0023_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (866kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
13.0301.002_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (476kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0301.0023_FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0301.002_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian iniadalah untuk mengetahui pengaruh pelatihan self regulated learning untuk mengurangi kesulitan belajar pada siswa, penelitian ini dilakukanpada siswa kelas VIII D SMP Negeri 3 Mertoyudan Penelitian ini menggunakan one group pre test-post test design tanpa menggunakan kelompok pembanding atau kelompok kontrol, populasi yang digunakan siswa kelas VIII D SMP Negeri 3 Mertoyudan jumlah 32siswa, sampel sebanyak 16 siswa, sampling dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara dan angket Kesulitan belajar. Teknik analisa data yang digunakan yakni ujipaired sample t-tes. Hasil penelitian di SMP 3 Mertoyudan menunjukkan bahwa self regulated learning dalam pelatihan berpengaruh untuk mengurangi kesulitan belajar pada siswa. Hal ini dibuktikan dengan adanya perbedaan pengurangan kesulitan belajar antara hasil pre-test dan post-test, dimana rata-rata hasil post-test74,69 atau 4% lebih rendah dibandingkan hasil pre-test 94,25 atau 39, 36% sebelum mendapatkan pelatihan strategi self regulated learning. Selisih perbedaan penurunan Kesulitan belajar tersebut sebesar 36 %.Selain itu pengurangan kesulitan belajar padasiswa ditandai dengan perbedaan aspek dan indikator nilai di bawah rata-rata yang terdiri dari pengertian kesulitan belajar, bentuk, penyebab, alasan dan dampakkesulitan belajar.Salah satunya adalah siswa yang semula mengalami kesulitan belajar saat mengikuti kegiatan belajar mengajar menjadi berkurang intensitasnya.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dr. Purwati, MS (0002086001) dan Sugiyadi, M.Pd. Kons (0627057501)
Uncontrolled Keywords: pelatihanself regulated learning, kesulitan belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 22 Oct 2020 03:37
Last Modified: 22 Oct 2020 03:37
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1787

Actions (login required)

View Item View Item