EFEKTIVITAS PELATIHAN SELF REGULATION LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA (Penelitian pada Siswa Kelas VIII F SMP Negeri 11 Kota Magelang)

Asmoro, Nita Diah (2018) EFEKTIVITAS PELATIHAN SELF REGULATION LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA (Penelitian pada Siswa Kelas VIII F SMP Negeri 11 Kota Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0301.0046_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (786kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
13.0301.0046_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (476kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0301.0046_FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0301.0046_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelatihan self regulation learning terhadap peningkatan motivasi belajar pada siswa.Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII F SMP Negeri 11 kota Magelang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pra eksperimen dengan model one group pre test post test design. Subjek penelitian dipilih secara purposive sampling, sample yang diambil sebanyak 8 siswa memiliki motivasi belajar rendah yang merupakan kelompok yang diberikan perlakuan. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket motivasi belajar. Ujivaliditas instrument angket motivasi belajar dengan menggunakan rumus product moment sedangkan uji reabilitas menggunakan rumus cronbach alpha dengan bantuan SPSS for Windows versi 23.0. Uji prasyaratan analisis terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas. Analisis data menggunakan teknik statistic parametik yaitu uji Paired Sample T-Test dengan bantuan program SPSS for Windows versi 23.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelatihan self regulation learning memberi efek yang positif terhadap motivasi belajar siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis Uji Paired Sample T-Test pada kelompok yang diberi perlakuan dengan probabilitas nilai sig (2-tailed) 0.000 < 0.05. berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, terdapat perbedaan skor rata-rata angket motivasi belajar sebelum dan sesudah perlakuan pada siswa sebesar 32,7%. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa pelatihan self regulation learning untuk meningkatkan motivasi belajar siswa memberikan efek yang positif terhadap motivasi belajar siswa.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dra. Indiati, M.Pd (0028036001) dan Sugiyadi, M.Pd. Kons (0627057501)
Uncontrolled Keywords: Pelatihan Self regulation learning, Motivasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 22 Oct 2020 04:02
Last Modified: 22 Oct 2020 04:02
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1792

Actions (login required)

View Item View Item