PENGARUH PERMAINAN ESTAFET BOLA TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK (Penelitian pada Anak Kelompok B di Taman Kanak-Kanak Universal Temanggung Tahun Ajaran 2017/2018)

Dewi, Suci Martha Mustika Retno (2018) PENGARUH PERMAINAN ESTAFET BOLA TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK (Penelitian pada Anak Kelompok B di Taman Kanak-Kanak Universal Temanggung Tahun Ajaran 2017/2018). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0304.0019_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (722kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
13.0304.0019_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (423kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0304.0019_Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0304.0019_Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (618kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perkembangan sosial emosional anak melalui permainan estafet bola pada Taman Kanak- kanak Universal Kecamatan Temanggung Kabupaten Temanggung. Penelitian dilakukan dengan rancangan penelitian Eksperimen dengan pemberian treatment yang masing – masing mencakup perencanaan, pelaksanaan, observasi.Subyek penelitian sebanyak dua belas anak di Taman Kanak - kanak Universal Desa Gendengan, Kecamatan Temanggung Kabupaten Temanggung tahun ajaran 2017/2018.Kedua belas subyek yang memiliki kemampuan sosial emosional masih perlu stimulasi diantaranya belum mau bekerjasama dalam satu kegiatan, belum mau mengajak teman untuk bermain, belum mau bersikap baik pada semua teman, belum dapat menahan marah ketika teman berbuat kesalahan, belum mau bermain sesuai aturan yang sudah disepakati, belum mau berbagi mainan dengan teman, belum dapat menyelesaikan masalah sederhana, belum mau menghargai keunggulan orang lain. Setelah dilakukan permainan estafet bola perkembangan social emosional anak dapat meningkat.Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen.Penelitian eksperimen merupakan pendekatan penelitian kuantitatif. Rancangan eksperimen untuk membuktikan ada tidaknya hubungan sebab-akibat yang dihasilkan pada penelitian. Hasil dari penelitian ini, perkembangan sosial emosional anak mengalami peningkatan dengan hasil perkembangan awal adalah nilai mean 10,58 dan perkembangan akhir nilai mean 27,83.Nilai Z adalah – 3,069 yang menyatakan bahwa tidak ada perbedaan kemampuan sosial emosional subyek pada pengukuran akhir setelah diberi perlakuan bermain dengan estafet bola ditolak berarti signifikan..Hal ini menunjukkan bahwa permainan estafet bola dapat meningkatkan perkembangan sosial emosional anak di Taman Kanak- kanak Universal Desa Gendengan, Kecamatan Temanggung, Kabupaten Temanggung.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dra. Lilis Madyawati, M.Si. (0007096412) dan Dede Yudi, S.Pd
Uncontrolled Keywords: bermain estafet bola, perkembangan sosial emosional
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 27 Oct 2020 02:13
Last Modified: 27 Oct 2020 02:13
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1864

Actions (login required)

View Item View Item