KEEFEKTIVAN BIMBINGAN KELOMPOK MELALUI PENDEKATAN REBT TEKNIK HOME WORK ASSIGNMENTS UNTUK MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR(Penelitian pada Siswa Kelas XI TKPI A SMK Muhammadiyah 2 Mertoyudan)

Oktavia, Didin (2018) KEEFEKTIVAN BIMBINGAN KELOMPOK MELALUI PENDEKATAN REBT TEKNIK HOME WORK ASSIGNMENTS UNTUK MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR(Penelitian pada Siswa Kelas XI TKPI A SMK Muhammadiyah 2 Mertoyudan). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0301.0032_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (620kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
14.0301.0032_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (220kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0301.0032_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0301.0032_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivan bimbingan kelompok melalui pendekatan REBT teknik home work assignments untuk meningkatkan konsentrasi belajarsiswa kelas XI TKPI A SMK Muhammadiyah Mertoyudan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eskperimen murni (true experimental design) dengan model Pretest Posttest Control Group Design. Subjek penelitian dipilih secara purposive random sampling. Sampel yang dipilih sebanyak 16 siswa terdiri dari 8 siswa kelompok eksperimen dan 8 siswa kelompok kontrol. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket konsentrasi belajar. Uji validitas instrumen angket konsentrasi belajar dengan menggunakan rumus cronbach alpha dengan bantuan program SPSS for windows versi 20.00. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas. Analisis data menggunakan teknik statistic parametric yaitu One Way Anova dengan bantuan program SPSS for Windows versi 20.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan kelompok melalui pendekatan REBT teknik home work assignments berpengaruh positif terhadap konsentrasi belajar siswa. Hal ini dibutikan dari hasil analisi uji Anova pada kelompok eksperimen dengan probabilitas nilai sig (2-tailed) 0,002 < 0,05. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, terdapat perbedaan skor rata-rata angket konsentrasi belajar antara kelompok eskperimen sebesar 19,875 dan kelompok kontrol sebesar -3,25. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok melalui pendekatan REBT teknik home work assignments berpengaruh terhadap konsentrasi belajar siswa

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Prof. Dr. Muhammad Japar, M.Si.,Kons. dan Sugiyadi, M.Pd. Kons. (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok, Teknik Home Work Assignments, Konsentrasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 29 Apr 2019 08:03
Last Modified: 29 Apr 2019 08:03
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/211

Actions (login required)

View Item View Item