PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAM GAMES TOURNAMENTS) BERBANTUAN MEDIA LUMER TERHADAP HASIL BELAJAR IPS (Penelitian pada Siswa Kelas IV Gendengan, Kelurahan Temanggung I)

Maharani, Dea Rika (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAM GAMES TOURNAMENTS) BERBANTUAN MEDIA LUMER TERHADAP HASIL BELAJAR IPS (Penelitian pada Siswa Kelas IV Gendengan, Kelurahan Temanggung I). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0066_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (668kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0066_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (277kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0066_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0066_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0066_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (253kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Team Games Tournament berbantuan media Lumer terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV di Gendengan, Kelurahan Temanggung I, Kabupaten Temanggung. Jenis penelitian eksperimen dengan desain Pre Eksperimental Designs, khususnya One Group Pre Test- Post Test Design. Model pembelajaran Team Games Tournament berbantuan media Lumer terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV Gendengan, Kelurahan Temanggung I dengan sampel 20 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh. Pengumpulan data melalui soal tes kemudian dianalisis menggunakan Uji Non Parametrik dengan Uji Wilcoxon dengan bantuan IMB SPSS Versi 25.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Team Games Tournament berbantuan media Lumer berpengaruh terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPS. Hal itu diperkuat dengan nilai rata-rata pretest 56,94 dan nilai rata-rata posttest 78,47 yang mengalami peningkatan sebesar 21,53. Uji hipotesis diperoleh Asymp. Sig. (2-tailed) adalah 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Team Games Tournament berbantuan media Lumer berpengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Septiyati Purwandari, M.Pd dan Arif Wiyat Purnanto, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Team Games Tournament berbantuan Media Lumer, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 23 Apr 2021 03:44
Last Modified: 23 Apr 2021 03:44
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2158

Actions (login required)

View Item View Item