PENGARUH PEMBELAJARAN SAVI BERBANTU MEDIA PARTY BOOK TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS (Penelitian pada Siswa Kelas V SD Desa Bulu, Kecamatan Bulu, Kabupaten Temanggung)

Nissa, Novia Khaurul (2020) PENGARUH PEMBELAJARAN SAVI BERBANTU MEDIA PARTY BOOK TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS (Penelitian pada Siswa Kelas V SD Desa Bulu, Kecamatan Bulu, Kabupaten Temanggung). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0120_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (720kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0120_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (303kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0120_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0120_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0120_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran SAVI berbantu media Party Book terhadap keteramplian menulis siswa kelas V SD di Desa Bulu, Kecamatan Bulu, Kabupaten Temanggung. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Pre-Eksperimental Design dengan tipe One Group Pretest-Posttest Design. Sampel yang diambil dalam penelitian ini berjumlah 20 siswa dan dipilih secara total sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan menggunakan unjuk kerja. Uji validitas soal yang digunakan pada penelitian ini menggunakan uji expert judgment, sedangkan uji reliabilitasnya menggunakan rumus cronbach’s alpha dengan bantuan IBM SPSS versi 25.0. Analisis data menggunakan teknik statistik parametrik Paired Sample T-test berbantuan IBM SPSS versi 25.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran SAVI berbantu media Party Book berpengaruh terhadap keterampilan menulis siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis paired sample T-test dengan thitung sebesar -10,161 dengan nilai probabilitas nilai sig (2-tailed) 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, terdapat perbedaan skor rata-rata antara pre-test sebesar 54,25 dan post-test sebesar 75,50. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaan SAVI berbantu media Party Book berpengaruh terhadap keterampilan menulis.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dra. Lilis Madyawati, M.Si dan Arif Wiyat Purnanto, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran SAVI, Media Party Book , Keterampilan Menulis
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 23 Apr 2021 03:53
Last Modified: 23 Apr 2021 03:53
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2173

Actions (login required)

View Item View Item