PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING BERBANTUAN MEDIA MAGIC BOX TERHADAP HASIL BELAJAR IPS (Penelitian pada Siswa Kelas IV di SDN Menayu 1, Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang)

Wulandari, Zeni (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING BERBANTUAN MEDIA MAGIC BOX TERHADAP HASIL BELAJAR IPS (Penelitian pada Siswa Kelas IV di SDN Menayu 1, Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0122_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0122_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (245kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0122_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0122_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0122_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing berbantuan Media Magic Box terhadap hasil belajar IPS. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IV SDN Menayu 1, Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Pre-Experimental Design dengan tipe One Grup Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian diambil secara total dari populasi 25 siswa. Metode pengambilan data dilakukan melalui tes. Uji validitas instrumen dilakukan melalui uji validitas ahli dan empiris. Uji validitas empiris menggunakan rumus korelasi product moment dengan bantuan program IBM SPSS Statistic 25, begitu juga dengan uji reliabilitas menggunakan metode Alpha Cronbach’s. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas. Sedangkan untuk analisis data menggunakan teknik statistic parametric yaitu Uji Paired Sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Sig. sebesar 0,000 dan lebih kecil dari taraf signifikasi 0,05 dan t skor sebesar -11.450. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, terdapat perbedaan skor rata-rata tes hasil belajar IPS yaitu pengukuran awal (pretest) 57,9 dan pengukuran akhir (posttest) 82,0. Sehingga hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Snowball Throwing berbantuan media Magic Box berpengaruh terhadap hasil belajar IPS Siswa.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. Arie Supriyatna M.Si. dan Agrissto Bintang A.P, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Snowball Throwing, Magic Box, Hasil Belajar, IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 23 Apr 2021 03:54
Last Modified: 23 Apr 2021 03:54
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2174

Actions (login required)

View Item View Item