PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK MELALUI MEDIA PERMAINAN LUDO TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA ( Penelitian pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Magelang)

Indriani, Sella Dwi (2020) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK MELALUI MEDIA PERMAINAN LUDO TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA ( Penelitian pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0301.0001_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (818kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
15.0301.0001_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (775kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0301.0001_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0301.0001_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0301.0001_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (226kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh bimbingan kelompok melalui media permainan ludo terhadap peningkatan keterampilan komunikasi interpersonal siswa. Penelitian dilakukan pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Magelang T.A 2019/2020. Penelitian ini merupakan jenis True Eksperimen Design dengan model Randomized Pretest-Posttest Control Group design. Penelitian ini mengambil populasi seluruh siswa kelas VII yaitu 254 siswa. Sampel penelitian dipilih secara cluster sampling yang melalui dua tahap, yaitu tahap pertama menentukan sampel daerah, dan tahap kedua menentukan sampel yang ada pada daerah tersebut. Sampel yang diambil sebanyak 16 siswa terdiri dari 8 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 8 siswa kelompok kontrol. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket komunikasi interpersonal siswa dan diperkuat hasil observasi yang dilakukan berkolaborasi dengan guru BK SMP Negeri 2 Magelang. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik parametric dengan uji paired sample t-test dan independent sample t-test dengan bantuan program SPSS 16.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan kelompok melalui media permainan ludo berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan komunikasi interpersonal siswa, hal ini dibuktikan dengan hasil uji paired sample t test kelompok eksperimen dengan probabilitas Sig.(2-tailed) 0,000 < 0,05. Hasil penelitian juga menunjukkan perbedaan persentase peningkatan skor posttest kelompok eksperimen (38,42%) dan skor posttest kelompok kontrol (13,11%).

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. Tawil, M.Pd., Kons. dan Astiwi Kurniati, S.Pd., M.Psi.
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok, Media Permainan Ludo, Komunikasi Interpersonal
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 28 Apr 2021 07:47
Last Modified: 28 Apr 2021 07:47
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2385

Actions (login required)

View Item View Item