EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK JOHARI WINDOW DAN SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN KETERBUKAAN DIRI (Penelitian pada Remaja Panti Asuhan Yatim Putri Aisyiyah Kabupaten Magelang)

Hidayah, Tifa (2020) EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK JOHARI WINDOW DAN SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN KETERBUKAAN DIRI (Penelitian pada Remaja Panti Asuhan Yatim Putri Aisyiyah Kabupaten Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0301.0036_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (560kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
15.0301.0036_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (269kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0301.0036_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0301.0036_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0301.0036_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (352kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektifitas konseling kelompok dengan teknik johari window dan sosiodrama untuk meningkatkan keterbukaan diri remaja panti. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen murni dengan desain penelitian yang digunakan adalah Pretest-Posttest Comparison Group Design. Subjek penelitian dipilih secara purposive sampling. Sampel yang diambil sebanyak 12 remaja panti terdiri dari 6 remaja sebagai kelompok eksperimen 1 yang diberi perlakuan teknik johari window dan 6 remaja sebagai kelompok eksperimen 2 yang diberi perlakuan teknik sosiodrama. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala keterbukaan diri. Teknik analisis data menggunakan ANOVA (Analysis of Variance) dengan bantuan program SPSS for Windows versi 21. Penelitian dilakukan pada remaja panti yang berumur 16-18 tahun. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konseling kelompok dengan teknik johari window dan sosiodrama efektif meningkatkan keterbukaan diri remaja panti. Hal ini dibuktikan adanya perbedaan peningkatan keterbukaan diri remaja antara kelompok eksperimen 1 dan kelompok eksperimen 2. Hasil uji Statistic Parametric One Way Anova menunjukan p=0,001<0,05, hasil probabilitas menunjukan kurang dari 0,05 maka Ho ditolak. Hasil penelitian juga menunjukan perbedaan persentase peningkatan skor posttest kelompok eksperimen 1 (19%) dan skor posttest kelompok eksperimen 2 (17,35%). Hasil tersebut menunjukan bahwa konseling kelompok dengan teknik johari window lebih efektif meningkatkan keterbukaan diri remaja dibandingkan dengan konseling kelompok dengan teknik sosiodrama.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Prof. Dr. Purwati, MS., Kons. dan Dewi Liana Sari, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Konseling Kelompok, Teknik Johari Window, Teknik Sosiodrama, Keterbukaan Diri
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 29 Apr 2021 01:17
Last Modified: 29 Apr 2021 01:17
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2391

Actions (login required)

View Item View Item