INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM EKSTRAKURIKULER TAPAK SUCI PUTERA MUHAMMADIYAH DI SMP MUHAMMADIYAH 6 TIENG, KABUPATEN WONOSOBO

Mushafiy, Ammaruddin ‘Azzam (2021) INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM EKSTRAKURIKULER TAPAK SUCI PUTERA MUHAMMADIYAH DI SMP MUHAMMADIYAH 6 TIENG, KABUPATEN WONOSOBO. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0401.0047_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (497kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
15.0401.0047_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (251kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0401.0047_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0401.0047_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0401.0047_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview

Abstract

Sejatinya pendidikan ini berfungsi mengembangkan dan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangkamencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berilmu cakap, mandiri, dan menjadi warganegara yang demokrasi serta bertanggung jawab. Namun, tujuan baik tersebut berbeda dengan kenyataan yang ada di lapangan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Kegiatan ekstrakurikuler tapak suci putera muhammadiyah di SMP Muhammadiyah 6 Tieng. 2) Nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung di dalam ekstrakurikuler tapak suci putera muhammadiyah di SMP Muhammadiyah 6 Tieng. 3) Proses Internalisasi nilainilai pendidikan akhlak ekstrakurikuler tapak suci pada siswa di SMP Muhammadiyah 6 Tieng. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subyek penelitian ini adalah kepala Sekolah, Pelatih tapak suci, dan siswa yang mengikuti ekstrakurikuler tapak suci. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti merupakan instrumen utama dalam melakukan penelitian yang dibantu dengan pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi. Tahap selanjutnya analisis data yaitu reduksi data, display data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kegiatan ekstrakurikuler tapak suci putera muhammadiyah di SMP Muhammadiyah 6 Tieng dapat dikategorikan baik, dapat dilihat dari hasil pengamatan serta wawancara yang dilakukan oleh peneliti dengan pelatih ekstrakurkuler tapak suci. 2) Nilai-nilai pendidikan akhlak yang tekandung dalam ekstrakurikuler tapak suci putera muhammadiyah di SMP Muhammadiyah 6 Tieng yaitu: akhlak terhadap Allah, akhlak terhadap sesama manusia, da akhlak terhadap lingkungan. 3) Internalisasi nilai-nilai pendidikan akhlak pada siswa di SMP Muhammadiyah 6 Tieng, dilakukan dengan melalui tiga tahap yaitu: tahap transformasi nilai, tahap transaksi nilai dan tahap internalisasi nilai.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: M. Tohirin, M.Ag dan Afga Sidiq Rifai, M.Pd.I
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 06 Oct 2021 04:12
Last Modified: 07 Oct 2021 03:11
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2603

Actions (login required)

View Item View Item