STRATEGI PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SD MUHAMMADIYAH 2 MAGELANG

Maghfiroh, Anif (2021) STRATEGI PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SD MUHAMMADIYAH 2 MAGELANG. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
17.0401.0018_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (715kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
17.0401.0018_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (840kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
17.0401.0018_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
17.0401.0018_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
17.0401.0018_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (448kB) | Preview

Abstract

Penelitian yang dilakukan di SD Muhammadiyah 2 Magelang jenjang kelas 5, bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran daring Pendidikan Agama Islam bagi anak tunagrahita pada kelas 5 SD Muhammadiyah 2 Magelang. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pemeriksaan dan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui uji reliabisitas dan uji objektivitas. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan beberapa tahap dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian pembelajaran daring Pendidikan Agama Islam bagi siswa tunagrahita di SD Muhammadiyah 2 Magelang menunjukkan bahwa pembelajaran untuk tunagrahita disesuaikan dengan kemampuan peseta didik, guru menyampaian materi secara logis atau rasional serta materi PAI disampaikan secara berulang-ulang. Menggunakan media dan metode yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Adapun faktor pendukung pembelajaran adanya bantuan kuota internet yang diberikan oleh sekolah untuk guru dan siswa, sikap sabar dan ketelatenan guru dan orang tua dalam mengajar dan mendampingi anak belajar, sekolah membuat program pembiasaan di rumah. Sedangkan untuk faktor penghambat meliputi: tidak adanya tatap muka, pengumpulan tugas yang terlambat, dan sebagain orang tua kurang mahir dalam mengoperasikan handphone.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Widayati Hidayati, M.Pd.I dan Ahwy Oktradiksa, M.Pd.I
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 06 Oct 2021 04:14
Last Modified: 06 Oct 2021 04:14
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2606

Actions (login required)

View Item View Item