PENGARUH PEMBELAJARAN DARING PAI TERHADAP RELIGIUSITAS SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH 1 MUNTILAN

Rizki, Nur Arifamawati (2021) PENGARUH PEMBELAJARAN DARING PAI TERHADAP RELIGIUSITAS SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH 1 MUNTILAN. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
17.0401.0048_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (455kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
17.0401.0048_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (571kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
17.0401.0048_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
17.0401.0048_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
17.0401.0048_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pelaksanaan pembelajaran PAI secara daring di SMA Muhammadiyah 1 Muntilan. (2) Tingkat religiusitas siswa SMA Muhammadiyah 1 Muntilan selama pembelajaran daring. (3) Pengaruh pembelajaran Daring terhadap religiusitas siswa di SMA Muhammadiyah 1 Muntilan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Muntilan yang berjumlah 213 siswa. Adapun pengambilan sampel berjumlah 72 siswa dengan menggunakan teknik pengambilan sampel berdasarkan area (Cluster Sampling). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner/angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan analisis data dapat diketahui : (1) Pembelajaran Daring PAI yang terjadi di SMA Muhammadiyah 1 Muntilan menunjukkan diketahui sebanyak 7 siswa (10%) masuk dalam kategori kurang baik, 31 siswa (43%) masuk dalam kategori cukup baik, dan 34 siswa (47%) masuk dalam kategori baik. (2) Tingkat Religiusitas siswa yang terjadi di SMA Muhammadiyah 1 Muntilan menunjukkan diketahui sebanyak 25 siswa (35%) masuk dalam kategori kurang baik, 29 siswa (40%) masuk dalam kategori cukup baik, dan 18 siswa (25%) masuk dalam kategori baik. (3) Variabel X (pembelajaran daring PAI) berpengaruh secara signifikan terhadap variabel Y (religiusitas siswa) di SMA Muhammadiyah 1 Muntilan yang dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05. Berdasarkan pada hasil olah data penelitian ini, dapat diperoleh persamaan regresi Y= 10,873 + 0,452X. Kemudian hasil dari pengujian statistik, diketahui nilai koefisien determinasi sebesar 0,504 yang mengandung pengertian bahwa pengaruh variabel X (pembelajaran daring) terhadap variabel Y (religiusitas siswa) adalah sebesar 50,4%.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: M. Tohirin, S.Ag, M.Ag. dan Akhmad Baihaqi, M.Pd.I.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 06 Oct 2021 04:19
Last Modified: 06 Oct 2021 04:19
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2615

Actions (login required)

View Item View Item