HUBUNGAN ANTARA INTERAKSI GURU DAN SISWA DENGAN MINAT BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI SIDOAGUNG 3 TEMPURAN MAGELANG

Wiyarton, Iyok (2019) HUBUNGAN ANTARA INTERAKSI GURU DAN SISWA DENGAN MINAT BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI SIDOAGUNG 3 TEMPURAN MAGELANG. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0401.0010 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (818kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
14.0401.0010 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (243kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0401.0010 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (635kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0401.0010 _ FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0401.0010 _ PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh hubungan interaksi guru terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SD Negeri Sidoagung 3. Populasi penelitian ini adalah siswa SD Negeri Sidoagung 3 yang berjumlah 166 siswa. Adapaun sampel penelitian ini berjumlah 25 siswa yang ditentukan dengan cara Simple Random Sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket untuk mengungkapkan variabel interaksi guru, dokumentasi dan observasi sebagai pendukung untuk mengungkapkan minat belajar siswa pada mata pembelajaran pendidikan agama Islam. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data kuantitatif dengan statistik, untuk mengetahui hubungan interaksi guru terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agam Islam, menggunakan bantuan program komputer SPSS 2.0. Hasil penelitian menunjukkan respon siswa terhadap interaksi guru terhadap minat belajar siswa pada mata pelajran pendidikan agama Islam dari 25 responden, 8% dalam interval kriteria kurang dengan frekuensi 2, 48% dalam interval kriteria cukup dengan frekuensi 12, 40% dalam kriteria baik dengan frekuensi 10, dan 4% dalam interval sangat baik dengan frekuensi 1. Interaksi guru di SD Negeri Sidoagung 3 dapat dikategorikan cukup, terlihat kategori minat belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam, dari 25 responden, 56% dalam interval kriteria cukup dengan frekuensi 14, 44% dalam interval kriteria baik dengan frekuensi 11. Minat belajar pada mata pelajaran agama Islam di SD Negeri Sidoagung 3 dapat dikategorikan cukup.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dr. Suliswiyadi, M.Ag. dan Istania Widayati, S.Pd.I M.Pd.I. (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Interaksi, Guru, Siswa, Minat Belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 10 May 2019 03:50
Last Modified: 10 May 2019 03:50
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/267

Actions (login required)

View Item View Item