KAJIAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER ISLAMI DALAM NOVEL HAYYA KARYA HELVY TIANA ROSA DAN BENNY ARNAS

Sholihin, Taufik (2020) KAJIAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER ISLAMI DALAM NOVEL HAYYA KARYA HELVY TIANA ROSA DAN BENNY ARNAS. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0401.0057_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (640kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
16.0401.0057_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (407kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
16.0401.0057_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
16.0401.0057_FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0401.0057_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (517kB) | Preview

Abstract

Pembangunan nilai terbaik adalah melalui pendidikan. Dalam pendidikan Islam terdapat bermacam-macam nilai Islam yang membantu pelaksanaan pendidikan, bahkan penanaman pendidikan karakter sangat penting demi tercapainya tujuan pendidikan. Penanaman pendidikan karakter islami tidak hanya dapat dilakukan melalui pendidikan formal dan informal saja. Tetapi juga bisa melalui media cetak atau elektronik. Salah satu media yang dapat dijadikan penanaman pendidikan karakter adalah novel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter islami dalam novel Hayya karya Helvy Tiana Rosa dan Benny Arnas. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kepustakaan (library research). Penelitian ini menggunakan sumber data primer yaitu novel Hayya. Teknik keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik ketekunan dalam penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis isi (content analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan karakter islami yang terdapat di novel tersebut meliputi: amanah/ dapat dipercaya (trustworthy), rasa hormat/ kehormatan (respectful, tanggung jawab (responsible), keadilan/ adil (faerness), kepedulian/ peduli (caring), dan nasionalis/ kewarganegaraan (citizenship). Amanah/ dapat dipercaya (trustworthy) dicontohkan dengan Adin yang seharusnya menjaga apa yang telah Rahmat percayakan kepadanya. Rasa Hormat/ kehormatan (respectful) dapat dilihat dari bagaimana Rahmat dan Adin menghormati Pak Wildan yang lebih tua dari mereka. Tanggung jawab (responsible) diperlihatkan ketika Rahmat memiliki kesalahan dia berani meminta maaf. Keadilan/ adil (faerness) dicontohkan pada saat ustadz Ishak yang menjelaskan bahwa mereka tidak boleh memukul rata semua orang di dalam Hubbu untuk disalahkan karena itu semua tidak adil bagi mereka. Kepedulian/ peduli (caring) diperlihatkan pada saat Adin yang menunjukkan kepeduliannya kepada Rahmat sahabatnya dalam berbagai hal. Nasionalis/ Kewarganegaraan (citizenship) digambarkan ketika para pemuda Palestina yang berani membela negaranya dari serangan zionis Israel.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. Mujahidun, M.Pd dan Akhmad Baihaqi, M.Pd.I
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 18 Oct 2021 07:22
Last Modified: 18 Oct 2021 07:22
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2687

Actions (login required)

View Item View Item