PENGARUH METODE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI REJOWINANGUN UTARA 1 KOTA MAGELANG

Kurniawati, Novi (2018) PENGARUH METODE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI REJOWINANGUN UTARA 1 KOTA MAGELANG. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0401.0002_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (950kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
13.0401.0002_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (626kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0401.0002_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0401.0002_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran make a match untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam karna setelah menerapkan metode make a macth adanya peningkatan prestasi belajar siswa di SDN Rejowinangun Utara 1 Magelang. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa di SDN Rejowinangun Utara 1 Magelang yang berjumlah 158 siswa. Adapun yang menjadi subjek penelitian ini kelas VI berjumlah 24 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode statistik untuk mengamati hasil peningkatan prestasi belajar siswa dan observasi digunakan untuk mengamati keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif dengan statistik untuk mengetahui adanya peningkatan prestasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan metode make a macth dengan bantuan computer program SPSS for windows versi 16.0. Selanjutnya analisis kualitatif digunakan untuk mendeskripsikan hasil pembelajaran. Hasil analisis dapat diketahui bahwa peningkatan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Hal itu dapat dilihat dari hasil nilai rata-rata siswa pada siklusnya yaitu pada pra siklus 57,7, dilanjut siklus I 66,62, dan siklus II 71,6. Presentase yang mencapai KKM pada pra siklus 33%, siklus I 54,16%, dan siklus II 79,16%. Oleh karena itu penelitian tindakan kelas dengan menerapkan metode make a macth dalam meningkatakan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dapat dinyatakan berhasil. Dengan demikian dapat di katakan bahwa penggunaan metode pembelajaran make a match dapat meningkatkan prestasi PAI belajar siswa kelas VI di SD Negeri Rejowinangun Utara 1 Magelang.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dr. H. Nurodin Usman, Lc., M.A dan Istania Widayati, S.Pd.I, M.Pd.I (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Make a Match, Prestasi Belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 03 May 2019 09:30
Last Modified: 03 May 2019 09:30
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/294

Actions (login required)

View Item View Item