HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DENGAN AKHLAK PESERTA DIDIK PADA SD MUHAMMADIYAH INTEGRATIF DUKUN

ROKHMAD, ROKHMAD (2018) HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DENGAN AKHLAK PESERTA DIDIK PADA SD MUHAMMADIYAH INTEGRATIF DUKUN. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0401.0087_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA_ROKHMAD.pdf - Published Version

Download (792kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
13.0401.0087_BAB IV_ROKHMAD.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (509kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0401.0087_LAMPIRAN_ROKHMAD.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0401.0087_FULLTEXT_ROKHMAD.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Hubungan Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Kepribadian Guru Dengan Akhlak Peserta Didik Pada SD Muhammadiyah Integratif Dukun. Skripsi. Magelang: Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Magelang, 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang kepribadian guru dengan akhlak peserta didik pada SD Muhammadiyah Integratif Dukun. Penelitian ini bersifat kuantitatif, dimana populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa SD Muhammadiyah Integratif Dukun sejumlah 150 siwa dan sampel yang diambil siswa kelas V sejumlah 27 siswa ( 18 % dari total populasi ). Metode pengumpulan data menggunakan angket, dimana angket yang digunakan untuk penelitian terlebih dahulu dilakukan uji validitas dan uji reabilitas. Uji validitas menunjukan cukup valid, uji reabilitas menunjukan bahwa tingkat kepercayaan instrumen penelitian tinggi, yaitu variabel persepsi siswa tentang kepribadian guru diperoleh cronbach’s alpha 0,651 dan akhlak peserta didik memiliki cronbach’s alpha 0,682. Variabel yang diteliti adalah persepsi siswa tentang kompetensi kepribadian guru sebagai variabel bebas ( x ) dan akhlak peserta didik pada SD Muhammadiyah Integratif Dukun sebagai variabel terikat ( y). Teknis analisis data menggunakan teknik deskriptif prosentase dan korelasi product moment dengan taraf signifikan untuk uji hipotesis 5 %. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa besarnya korelasi antara persepsi siswa tentang kompetensi kepribadian guru dengan akhlak peserta didik adalah 0,084. Nilai tersebut lebih kecil dibandingkan dengan r tabel dengan taraf signifikan 5 % yaitu 0,381. Data tersebut menunjukkan bahwa tidak adanya pengaruh antara persepsi siswa tentang kompetensi kepribadian guru terhadap akhlak peserta didik di SD Muhammadiyah Integratif Dukun.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dr. Imron, MA dan Dra Kanthi Pamungkas Sari M.Pd,
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 29 Oct 2021 04:15
Last Modified: 29 Oct 2021 04:15
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2948

Actions (login required)

View Item View Item