IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA MATA PELAJARAN PAI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SD MUHAMMADIYAH 1 MUNTILAN

Ahmadi, Yasir (2018) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA MATA PELAJARAN PAI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SD MUHAMMADIYAH 1 MUNTILAN. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0401.0099_BAB I_II_III_V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
14.0401.0099_BAB IV_Yasir Ahmadi.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (326kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0401.0099_LAMPIRAN_Yasir Ahmadi.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (967kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0401.0099_FULLTEXT_Yasir Ahmadi.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

“Implementasi Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) Pada Mata Pelajaran PAI Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Di SD Muhammadiyah 1 Muntilan”. Sekripsi. Magelang: Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Magelang, 2017 Penelitian ini dilatarbelakangi oleh prestasi belajar siswa kelas VA di SD Muhammadiyah I Muntilan dalam pembelajaran PAI yang masih rendah. Hal ini disebabkan karena kegiatan pembelajaran di SD yang dilakukan masih menggunakan model pembelajaran yang berpusat pada guru. Guru kurang kreatif dan inofatif dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran, sehingga siswa kurang aktif untuk mengikuti proses pembelajaran. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Tujuan dalam penulisan skripsi ini, yaitu (1) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran PAI Di SD Muhammadiyah I Muntilan tahun ajaran 2016/2017. (2) mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar siswa dengan diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran PAI di SD Muhammadiyah I Muntilan tahun ajaran 2016/2017. Setelah peneliti mengadakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, akhirnya dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI pada siswa kelas VA SD Muhammadiyah I Muntilan. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari awal pre test hingga siklus III yaitu, nilai rata-rata siswa pada saat Pra Siklus (74,60), dengan persentase ketuntasan belajar (36%), Siklus I (75,44), dengan persentase ketuntasan belajar (48 %), Siklus II (79,64), dengan persentase ketuntasan belajar (80% %), Siklus III (84), dengan persentase ketuntasan belajar (100% %). Berdasarkan paparan data, temuan penelitian, dan pembahasan yang telah diuraikan, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan prestasi belajar PAI dan keaktifan siswa dalam kelompok siswa kelas VA SD Muhammadiyah I Muntilan pokok bahasan ketauladanan Abu Bakar As Sidiq, Umar bin Khotob, dan Puasa Wajib/Puasa Ramadhan tahun pelajaran 2016/2017.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Bapak Dr. Imam Mawardi, M.Ag dan Bapak M. Tohirin, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran STAD, prestasi belajar PAI, keaktifan siswa dalam kelompok, penlitian tindakan kelas.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 16 Nov 2021 08:13
Last Modified: 17 Jan 2022 06:45
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2993

Actions (login required)

View Item View Item