PENGARUH METODE EDUTAINMENT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA (Penelitian pada Siswa Kelas II SDN Kemloko Tembarak Temanggung)

Robitoh, Nanik (2018) PENGARUH METODE EDUTAINMENT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA (Penelitian pada Siswa Kelas II SDN Kemloko Tembarak Temanggung). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0305.0109_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA_Nanik Robitoh.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0109_BAB IV_Nanik Robitoh.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (528kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0109_LAMPIRAN_Nanik Robitoh.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0109_FULLTEXT_Nanik Robitoh.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Edutainment terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas II Sekolah Dasar Negeri Kemloko Kecamatan Tembarak Kabupaten Temanggung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen murni (True Experimental Designs) dengan model Pretest-Posttest Control Group Design. Subjek penelitian diambil dengan total sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas II di SD Negeri Kemloko, Kecamatan Tembarak, Kabupaten Temanggung. Sampel sebanyak 40 siswa terdiri dari 20 siswa kelompok eksperimen dan 20 siswa kelompok kontrol. Uji validitas instrumen tes hasil belajar menggunakan rumus Product Moment Pearson sedangkan uji reliabilitas menggunakan Cronbach Alpha dengan bantuan program SPSS for Windows versi 23.00. Analisis data menggunakan teknik statistik non parametrik yaitu Uji Mann Whitney U-Test dengan bantuan program SPSS for Windows versi 23.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Edutainment berpegaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika. Hal tersebut dibuktikan dari hasil analisis Uji Mann Whitney U-Test pada kelompok kontrol dengan probabilitasnya nilai sig (2-tailed) 0,192>0,05 dan pada kelompok eksperimen dengan probabilitas nilai sig (2-tailed) 0,021<0,05. Berdasarkan pelaksanaan posttest, terdapat perbedaan skor rata-rata antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Rata-rata kelas kelompok eksperimen sebesar 83, sedangkan kelompok kontrol sebesar 72,99. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa metode Edutainment berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika materi penjumlahan dan pengurangan bilangan.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dra. Indiati, M.Pd, dan Tria Mardiana, M.Pd,
Uncontrolled Keywords: metode edutainment, hasil belajar matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 17 Jan 2022 07:04
Last Modified: 17 Jan 2022 07:04
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3004

Actions (login required)

View Item View Item