PENERAPAN METODE ROLE PLAYING DENGAN BONEKA TANGAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA (Penelitian pada Siswa Kelas IV SD Negeri Dlimas Kecamatan Tegalrejo Kabupaten Magelang)

Yusuf, Ahmad (2018) PENERAPAN METODE ROLE PLAYING DENGAN BONEKA TANGAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA (Penelitian pada Siswa Kelas IV SD Negeri Dlimas Kecamatan Tegalrejo Kabupaten Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0305.0024_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA_AHMAD YUSUF.pdf - Published Version

Download (863kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
14.0305.0024_BAB IV_AHMAD YUSUF.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (488kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0305.0024_LAMPIRAN_AHMAD YUSUF.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0305.0024_FULLTEXT_AHMAD YUSUF.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode role playing dengan boneka tangan dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas IV SD Negeri Dlimas Tegalrejo Magelang. Desain penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan 2 siklus. Subjek penelitian adalah kelas IV yang berjumlah 34 siswa. Variabel input dalam penelitian ini yaitu keterampilan berbicara yang masih rendah. Variabel proses dalam penelitian ini adalah metode role playing dengan boneka tangan. Variabel output dalam penelitian ini adalah keterampilan berbicara siswa mengalami peningkatan. Metode pengumpulan data menggunakan non tes dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah statistic deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode role playing dengan boneka tangan dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada kelas IV SD Negeri Dlimas Kecamatan Tegalrejo Kabupaten Magelang. Peningkatan keterampilan berbicara ini nampak pada pratindakan sebesar 8,82% mengalami peningkatan pada siklus I dimana nilai ketuntasan keterampilan berbicara menjadi 58,8% dan mengalami peningkatan lagi pada siklus II dimana ketuntasan keterampilan berbicara menjadi 94,1% Nilai rata-ratanya selama penerapan metode role playing dengan boneka tangan juga meningkat dimana pada pratindakan memiliki nilai rata-rata 57,2, kemudian pada siklus I meningkat menjadi 75,4 dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 79,2.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dra. Indiati, M.Pd, dan Tabah Subekti, M.Pd,
Uncontrolled Keywords: Metode Role Playing dengan Boneka Tangan, Keterampilan Berbicara
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 17 Jan 2022 07:37
Last Modified: 17 Jan 2022 07:37
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3026

Actions (login required)

View Item View Item