PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REALISTIK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KECERDASAN INTRAPERSONAL (Penelitian pada Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Tempuran, Kecamatan Tempuran, Kabupaten Magelang)

Utami, Eva Mulya (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REALISTIK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KECERDASAN INTRAPERSONAL (Penelitian pada Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Tempuran, Kecamatan Tempuran, Kabupaten Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0305.0053_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA_Eva Mulya Utami.pdf - Published Version

Download (876kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
14.0305.0053_BAB IV_Eva Mulya Utami.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (493kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0305.0053_LAMPIRAN_Eva Mulya Utami.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0305.0053_FULLTEXT_Eva Mulya Utami.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran realistik (RME) terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari kecerdasan intrapersonal. Penelitian dilakukan pada siswa SD Muhammadiyah Tempuran kabupaten Magelang. Penelitian ini menggunakaan Nonequivalent Control Group Desaign. Subyek dipilih tidak secara random. Penelitian pada kelas IV SD Muhammadiyah Tempuran. Kelompok eksperimen diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran realistik (RME). Kelompok kontrol tidak diberi perlakuan. Variabel penelitian yaitu: variabel terikat berupa hasil belajar matematika, variabel bebas berupa model pembelajaran ralistik (RME), dan variabel moderator berupa kecerdasan intrapersonal. Teknik pengumpulan data dengan tes dan angket. Teknik analisis data menggunakan uji nonparametric yaitu Kruskal-Wallis. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran realistik (RME) mempengaruhi hasil belajar matematika, dibuktikan signifikansi pada post test 0,010 < 0,05 maka Ho ditolak, artinya ada perbedaan signifikan hasil belajar matematika antara model pembelajaran realistik (RME) dengan model konvensional. Kecerdasan intrapersonal juga dapat mempengaruhi hasil belajar. Hal ini dibuktikan signifikansi 0.043 < 0,05 maka Ho ditolak, artinya ada perbedaan signifikan hasil belajar matematika antara kecerdasan intrapersonal tinggi dan rendah. Hasil penelitian juga menunjukkan tidak ada interaksi model pembelajaran dengan kecerdasan intrapersonal terhadap hasil belajar matematika. Signifikansi 0,449 > 0,05 maka Ho diterima, artinya tidak ada interaksi model pembelajaran dengan kecerdasan intrapersonal terhadap hasil belajar matematika.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Hermahayu, M.Si., dan dan Astuti Mahardika, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Matematika, Model Pembelajaran Realistik (RME), Kecerdasan Intrapersonal
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 17 Jan 2022 07:44
Last Modified: 17 Jan 2022 07:44
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3034

Actions (login required)

View Item View Item