PENGARUH PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA SMARTKET TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS IPS (Penelitian pada Siswa Kelas 3 SD Negeri Gunungpring I Kecamatan Muntilan Kabupaten Magelang)

Saputro, Riky Dwi (2018) PENGARUH PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA SMARTKET TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS IPS (Penelitian pada Siswa Kelas 3 SD Negeri Gunungpring I Kecamatan Muntilan Kabupaten Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0305.0059_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA_Riky Dwi Saputro.pdf - Published Version

Download (913kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
14.0305.0059_BAB IV_Riky Dwi Saputro.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (724kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0305.0059_LAMPIRAN_Riky Dwi Saputro.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0305.0053_FULLTEXT_Riky Dwi Saputro.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (895kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Problem Based Learning Berbantuan Media Smartket Terhadap Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Ips(Penelitian Pada Siswa Kelas 3 SD Negeri Gunungpring I Kecamatan Muntilan Kabupaten Magelang). Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasi Experimental Design dengan model Pretest Posttest Control Group Design. Teknik sampling yang digunakan adalah sampel jenuh. Sampel yang diambil sebanyak 54 orang siswa terdiri dari 26 siswa kelompok eksperimen dan 26 kelompok kontrol. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes keterampilan berpikir kritis. Uji validitas instrumen tes keterampilan berpikir kritis dengan menggunakan rumus expert judgment sedangkan uji reliabilitas menggunakan cronbach alpa dengan bantuan program SPSS For Windows Versi 22.00. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas. Analisis data menggunakan uji Independent Sample T-Test dengan bantuan program SPSS For Windows Versi 22.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran problem based leraning berbantuan media Smartket berpengaruh positif terhadap keterampilan berpikir kritis IPS. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis uji Independent Sample TTest pada kelompok eksperimen didapatkan nilai sig (2-tailed) sebesar 0, 000 (signifikansi < 0,05). Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, terdapat perbedaan skor rata-rata keterampilan berpikir kritis IPS antara kelompok eksperimen sebesar 82,23 dan kelompok kontrol sebesar 77,33. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model problem based leraning berbantuan media Smartket memberikan pengaruh yang lebih besar atau signifikan dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Hermahayu, M.Si. dan Agrissto Bintang, A.P, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Media Smartket , Keterampilan Berpikir Kritis IPS.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 17 Jan 2022 07:45
Last Modified: 17 Jan 2022 07:45
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3036

Actions (login required)

View Item View Item