PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL DAN PEMAHAMAN MATERI INTERAKSI SOSIAL BUDAYA (Penelitian pada Siswa Kelas V di Desa Jumoyo)

Nurrohmah, Hesti (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL DAN PEMAHAMAN MATERI INTERAKSI SOSIAL BUDAYA (Penelitian pada Siswa Kelas V di Desa Jumoyo). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
File 1 (Cover, Bab I, Bab II, Bab III, Bab V, Daftar Pustaka) - Hesti Nurrohmah.pdf - Published Version

Download (703kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
File 2 (Cover dan Bab IV) - Hesti Nurrohmah.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (334kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
File 3 (Cover dan Lampiran) - Hesti Nurrohmah.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
File 6 (Fulltext PDF) - Hesti Nurrohmah.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
File 4 (Pernyataan Publikasi) - Hesti Nurrohmah.pdf - Published Version

Download (344kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan, pertama untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Group Investigation terhadap Keterampilan Sosial. Kedua, untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Group Investigation terhadap Pemahaman Materi Interaksi Sosial Budaya Siswa Kelas V SD di Desa Jumoyo, Kabupaten Magelang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Pre-Experimental tipe One-Group Pretest-Posttest Design dengan jumlah sampel penelitian 12 siswa. Pengumpulan data menggunakan angket keterampilan sosial, soal pretest dan posttest pemahaman materi Interaksi Sosial Budaya. Teknik sampling yang digunakan yaitu Purposive sampling. Analisis data pada penelitian ini dibantu dengan menggunakan SPSS versi 25 guna menghitung uji validitas, reliabilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukaran. Uji validitas angket keterampilan sosial menggunakan Scale, sedangkan untuk soal pretest dan posttest menggunakan korelasi Product Moment, serta reliabilitas instrumen menggunakan Cronbach’s Alpha. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji prasyarat analisis Kolmogorov-Smirnov dan uji hipotesis menggunakan uji Wilcoxon. Berdasarkan uji hipotesis menunjukkan, pertama terdapat pengaruh model pembelajaran Group Investigation terhadap Keterampilan Sosial dengan hasil 0,002 < 0,05 dengan nilai Z -3,065. Kedua, terdapat pengaruh model pembelajaran Group Investigation terhadap pemahaman materi Interaksi Sosial Budaya dengan hasil 0,002 < 0,05 dengan nilai Z -3,063. Berdasarkan data hasil yang telah diperolah disimpulkan bahwa model pembelajaran Group Investigation berpengaruh terhadap Keterampilan Sosial dan Pemahaman Materi Interaksi Sosial Budaya.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Galih Istiningsih, M. Pd. dan Puji Rahmawati, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran Group Investigation, keterampilan sosial, pemahaman materi, interaksi sosial budaya
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Jamzanah Wahyu Widayati
Date Deposited: 16 Nov 2021 02:47
Last Modified: 16 Nov 2021 02:47
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3289

Actions (login required)

View Item View Item